ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA USAHA PROPERTI PT.SIER DALAM MENINGKATKAN AWARENESS

Azarine Tahniah Setiawan, Sumainah Fauziah

Abstract


Perkembangan teknologi memunculkan sebuah strategi pemasaran secara digital. Media sosial menjadi salah satu tempat berkumpul jutaan orang tanpa batas untuk saling bertukar informasi dan melakukan sosialisasi. Hal ini dimanfaatkan oleh PT.SIER dalam meningkatkan Awareness pada produknya yang merupakan usaha industri properti. Penggunaan media sosial ini menarik untuk dikaji terutama dampaknya bagi perusahaan. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan kajian terkait dengan penggunaan instagram dalam meningkatkan awareness dari PT.SIER. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan saat melakukan magang merdeka belajar selama 1 semester. Hasil penelitian menunjukan strategi sosial media marketing PT.SIER pada instagram dengan menggunakan kegiatan setiap hari sebagai konten. Selain itu juga melakukan kolaborasi dengan influencer untuk memperluas pasar. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media sosial instagram berhasil meningkatkan awareness PT.SIER seiring dengan hasil engagement yang terus naik.

Kata Kunci: Media Sosial, Digital Marketing, Awareness


References


Adhanisa, C. dan Fatchiya, A.2017.Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat’, Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), pp. 451–466.

Ardianti, F.2020. Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), pp. 796–809.

Diana & Mohamad syahriar. 2018. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol 3. No. 1.

Kang, X., Chen, W., & Kang, J.2019. Art in the age of social media: Interaction behavior analysis of instagram art accounts. Informatics, 6(4). https://doi.org/10.3390/informatics6040052

Khamaria, Desi. 2019. Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Bekas Pada Usaha Ayano Motor Di Perawang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Riau : UIN SUSKA RIAU.

La Moriansyah. 2015.Pembahasan Melalui Media Sosial : Antecedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015.

Novita, D., & Yuliani, N.2022. Tiktok Ads, DigitalMarketing Baru UntukMemperluas Pasar Dan Meningkatkan ValueMerek Dagang (Studi kasus: Ramadan 2020). ikraith-informatika, 6(1), 20-29.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.

Rifaldi, W.2020.Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru ( Studi Pada Akun Instagram @ tempatbiasa . kopi )’, Ilmu Komunikasi, p. 8.

Rulli Nasrullah. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sositeknologi. Simbiosa : Rekatama Media.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur