PERAN PUBLIC RELATIONS MENGELOLA MEDIA SOSIAL DALAM MENGOMUNIKASIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) UP3 SURABAYA SELATAN
Abstract
Berbagai jenis media sosial digunakan sebagai sarana dalam strategi komunikasi suatu perusahaan. Salah satu media sosial yang saat ini umumnya digunakan adalah Instagram. Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Utilitas negara yang bertanggung jawab atas layanan pelanggan adalah departemen penjualan. Perusahaan listrik nasional merupakan industri ketenagalistrikan yang mempunyai potensi besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. PT PLN UP3
Surabaya Selatan adalah unit pelaksana pelayanan (UP) yang bertanggung jawab atas distribusi listrik di wilayah Surabaya Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Public Relations Mengelola Media Sosial Dalam Mengomunikasikan Pelayanan Kepada Pelanggan PT. PLN (Persero) UP3 Surabaya Selatan. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menafsirkan suatu realitas dan berusaha merumuskan konsep maupun teori berdasarkan realita yang dialami. Hasil penelitian menunjukkan penyebaran informasi yang semula dilakukan secara sepihak oleh media massa telah terpatahkan dengan hadirnya media sosial. Ketika penyebaran informasi menjadi lebih cepat, lebih efisien, dan lebih mudah diakses di semua lapisan masyarakat, evaluasi terhadap fenomena kini menjadi milik masyarakat yang yang heterogen, anonim dan tersebar. Oleh karena itu, para profesional Public Relations yang tugasnya memberikan kesan baik pada suatu organisasi harus mampu menganalisis dan mengolah informasi yang tersebar di media sosial agar dapat digunakan untuk membangun citra organisasi.
Kata kunci : public relations, media sosial, komunikasi pelanggan
References
Boediman, E. P. (2022). Media Sosial sebagai Media Baru dalam Perspektif Praktisi Public
Relations. AVANT GARDE, 217-232.
Boediman, E. P. (2022). Media Sosial sebagai Media Baru dalam Perspektif Praktisi Public
Relations. Avant Garde Jurnal Ilmu Komunikasi, 217-232.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital. JISAMAR, 1006-1013.
Martha, Z. (2021). Penggunaan Fitur Media Sosial Instagram Stories Sebagai Media
Komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 26-32.
PLN. (2023). Profil Perusahaan. Retrieved from web.pln.co.id: https://web.pln.co.id/tentang- kami/profil-perusahaan
Siti Choerunnisa, A. R. (2020). Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk
Distribusi. JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication
Studies Journal, 1-19.
siti choerunnisa, A. R. (2020). Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam Meningkatkan Informasi PublikPengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam Meningkatkan Informasi Publik. JPRMEDCOM:Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 1-19.
Syelfanda P, S. D. (2023). LITERATURE REVIEW:PERAN SOCIALMEDIA TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK. AMMER, 1-7.
Taufiqur Rochman, B. S. (2019). HUMAS SEBAGAI FASILITATOR KOMUNIKASI DALAM.
Jurnal Representamen, 42-53.
Thallita Affifah Nugroho¹*, F. C. (2022). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI SOCIAL . JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, 136-149.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.