IMPLEMENTASI PELAYANAN PENGGUNAAN WEB LAPAK ASIK TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG JUANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Web Lapak Asik terhadap peningkatan pelayanan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan yang ditinjau dari bidang pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda. BPJS Ketenagakerjaan akan selalu berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan, salah satu peningkatan dalam bidang pelayanan adalah dengan adanya Web Lapak Asik. Web Lapak Asik ini diadopsi sebagai solusi inovatif untuk mempermudah akses peserta BPJS Ketenagakerjaan terhadap informasi Jaminan Hari Tua (JHT) yang dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi untuk memperluas dan memahami makna sejumlah atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah kemanusiaan. Hasil dari analisis ini menunjukkan variasi dalam implementasi Web Lapak Asik terkait kepraktisan, pelayanan, dan kenyamanan dalam penggunakan Web Lapak Asik terhadap klaim Jaminan Hari Tua (JHT).
Kata Kunci: Optimalisasi Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan, Lapak Asik, Web
References
Adimah, N., Irsyad, M., & Oktriawan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kantor Cabang Purwakarta). Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 177–194. https://doi.org/10.52593/mtq.03.2.01
Asik, L., Bpjs, D. I., & Cabang, K. (2022). Inovasi Program Pelayanan Tanpa Kontak Fisik.
(02), 333–352.
Estiningtyas, N. D., & Nawangsari, E. R. (2022). Kualitas Pelayanan Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Karimunjawa Surabaya Dengan Analisis Servqual. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 229. https://doi.org/10.25157/dak.v9i2.7980
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Juleha Ritonga, & Girsang, R. M. (2019). Pengaruh Kreativitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.36985/manajemen.v1i1.73
Khairati, W. (2021). Implementasi Pelayanan Lapak Asik Berbasis Online Dalam Klaim Jaminan Hari Tua Dibadan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Tanjung …. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16344%0Ahttps://repositori.uma.ac.id/j spui/bitstream/123456789/16344/1/178520041 - Wirda Khairati - Fulltext.pdf
Nabila, G., Putri, A., Akhir, L. T., Praktik, H., Lapangan, K., Niaga, J. A., & Jakarta, P. N.
(2023). PROGRAM STUDI DIPLOMA 3 ADMINISTRASI BISNIS. Nurhayati, N., & Rusdi, R. (2022). Penerimaan Teknologi “Lapak Asik” BPJS
Ketenagakerjaan: Studi Kasus Banda Aceh. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen
Dan Bisnis, 23(2), 63–72. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.859
Pramana, I. W. Y., Bisnis, J. A., & Bali, P. N. (2023). Aplikasi Jamsostek Mobile Pada Bpjs
Ketenagakerjaan Cabang Bali , Denpasar.
Rahmalia, N., & Tricahyono, I. D. (2020). Analisis Customer Journey Mapping Untuk Meningkatkan Customer Experience Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Dengan Menggunakan Metode Diary Study (Studi Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Shopee). E-Proceeding of Management, 7(2), 5226–5239.
SukContoh BIssa JTabarearno, N. M., Wirawan, P. W., Adhy, S., Andi, S., Mukhlasin, H., Muhaemin, M., Nurhayati, S., Untuk, D., Salah, M., Syarat, S., Gelar, M., Teknik, S., Studi, P., Elektro, T., י, טלבנירג., Martinench, A., Network, N., Php, W., Algoritma, M., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019). No Title. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Wijayanti, P., & Jannah, L. M. (2019). Implementasi Kebijakan Manfaat Jaminan Hari Tua di Indonesia. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 20. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p20-29
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.