PENGUATAN BRANDING BERBASIS DIGITAL PADA UMKM MAYESTY CAKE & COOKIES DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Yanti Purwanti, Andry Muhamad

Abstract


Majesty Cake & Cookies sebagai objek kegiatan Pengabdian Kepada Masyarahat, saat ini menghadapi permasalahan tentang manajemen usaha. Berdasarkan wawancara yang kami lakukan kepada Ibu Puteri, Pemilik UMKM Mayesty Cake and Cookies, permasalahan yang dihadapinya adalah, minimnya modal, keterbatasan peralatan, area produksi yang terbatas, keterbatasan mitra dalam hal penguasaan teknologi dan pemasaran yang hanya mengandalkan papan nama/plang, aplikasi Whatsapp dan instragram, dan belum terkelola secara maksimal

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk terbukanya sharing ilmu dan pendampingan kepada pelaku usaha mikro Majesty Cake & Cookies  mengenai manajemen bisnis berbasis digital. Melalui kegiatan PKM ini, kami mencoba memberikan alternatif solusi yang dapat memecahkan permasalahan mitra, yakni branding yang terkait dengan penguasaan teknologi. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam hal penguasaan teknologi dapat memecahkan permasalahan penguasaan teknologi dalam memperbaiki teknik pemasarannya. Keterbatasan sumberdaya manusia dalam hal ini mitra tidak menguasai teknologi digital dalam mengelola usahanya menjadi titik poin perhatian kami. Pada aspek pemasaran, kami menawarkan solusi kepada mitra untuk melakukan pemasaran berbasis digital, sehingga informasi dapat lebih luas lagi menjangkau para calon konsumen. Solusi lainnya terkait fasilitasi peralatan produksi. Namun sebelumnya, mitra harus memiliki pengetahuan tentang branding , sehingga Branding menjadi syarat untuk melakukan perluasan pasar berbasis digital.

Luaran dari kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat ini antara lain 1). terpenuhinya kebutuhan kemasan dan bahan baku yang diperlukan pelaku usaha, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar terutama menjelang idul fitri 1445 H, 2). Penguatan branding melalui kemasan dan logo pada kemasan dan media promosi yang digunakan, 3). Peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang digital marketing bagi pelaku usaha, 4). Peningkatan penjualan melalui pemasaran digital khususnya bulan Maret s.d Juli 2024.

 

 

Kata Kunci      : Pemasaran Digital, Branding


References


Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88.

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., & Winarsi, E. (2020). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Vriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi pada UKM yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong).

Sagita, G. & Wijaya, Z.R. 2022. Penerapan Sistem Bisnis Berbasis Digital Marketing dengan Pendekatan Quality Function Developmentdalam Mendukung UMKM Kota Batam.

Saifuddin, M. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai STrategi Pemasaran Bakmi Tando.

https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/3535

https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/3535


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Jawa Timur