ANALISIS RANTAI NILAI PRODUK BUNGA POTONG & HIAS DI KABUPATEN BANDUNG BARAT (STUDI KASUS UMKM FLORIST NMM)
Abstract
Parongpong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, terkenal dengan wisata bunga. NMM Florist merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang pertanian dan perdagangan bunga. Berdasarkan hasil penelitian terdapat permasalahan dalam menerapkan pola manajemen rantai nilai dalam memasarkan produk bunga potong & hias baik aktivitas utama dan pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan struktur dan aktivitas aliran rantai nilai bunga potong dan hias. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi menggunakan model Miles and Huberman serta menggunakan analisis Value Chain dari Porter yang terdiri dari Dua Aktivitas, baik aktivitas Primer dan Sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dari indicator rantai nilai yang terdiri dari aktivitas primer/logistic ke dalam yang sudah dilaksanakan meliputi : material handling/penanganan material/bahan baku, inventory control/pengendalian persediaan, penjadwalan kendaraan, pemasok, kemasan, perakitan, pengujian, percetakan, serta fasilitas, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah pergudangan, mesin & pemeliharaan peralatan, serta iklan sedangkan logistic keluar yang sudah dilaksanakan meliputi pergudangan barang, material handling, kendaraan operasional pengiriman, proses pemesanan.salesforce (tenaga penjualan), pilihan channel/saluran, hubungan dengan channel/saluran, harga, instalasi, perbaikan, pelatihan, pasokan suku cadang serta penyesuaian produk, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah Iklan, dan promosi. Aktivitas pendukung/sekunder yang sudah dilaksanakan meliputi pembeliaan input produksi, perekrutan, penyewaan (pegawai), pelatihan, kompensasi, serta hokum, kegiatan yang belum dilaksanakan adalah pengembangan teknologi, manajemen umum, perencanaan, keuangan dan akuntansi, , urusan pemerintahan, serta manajemen mutu.
Kata Kunci : Analisis; Rantai Nilai, Bunga Potong
References
Adriyansya L, Hendra U, Abdul R. (2021). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Pada Komoditas Jagung. Volume 1, No.2, November2021 ISSN 2798-026X (online) DOI .37905/jirev.1.2.94-103 JAMBURA Industrial Review.
Armenia R, Pandi P, Gema WM. (2017). Analisis Efisiensi Pemasaran Bunga Mawar Potong Di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI. 2(1). 13-21.
Detha Alfrian Fajri dan Aulia Luqman Azis. 2021. Manajemen Strategis. Universitas Brawijaya Press UB Press. Malang.
Fauzi, Teddy H. 2020. Manajemen Strategi Bisnis: Teori dan Implementasi. Jakarta: Yayasan Kharisma Venti Rahmawati
Firlawanti Lestari Baguna. Fatmawati Kaddas. (2021). ANALISIS RANTAI NILAI DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN TERHADAP PEMANFAATAN HHBK KAYU MANIS DI PULAU TIDORE. Vol.1 No.9 Februari 2021, 1787-1794, ISSN 2722-9475 (Cetak) ISSN 2722-9467 (Online). Fakultas Pertanian, Universitas Khairun. JIP-Jurnal Inovasi Penelitian.
Ivonne Ayesha. (2016). Analisis Rantai Pasok Komoditas Florikultura sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Bandung Barat. Mimbar Agribisnis Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 1(2). 133-138.
Juju. Undang. 2023. Manajemen Strategi. Cipta Media Nusantara. Surabaya
K.Ayu Novita, I Ketut S, Dewa AAY. (2016). Rantai Nilai Bunga Potong Heliconia Caribaea Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jurnal REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI. 4(1). 11-20
Lawrence R.Jauch dan William F. Glueck. 1997. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan Edisi ketiga. Erlangga. Jakarta
Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S, Jakarta.
Nia AD, Diyah P, Ari SN. (2021). Analisis Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UD Ijen Batik Bondowoso). Jurnal Asersi : Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis. 1(1). 12-24
Pangemanan, L., G. Kapantow, dan M. Watung. 2011. Analisis Pendapatan Usaha tani Bunga Potong. ASE, 7 (2) : 5 – 14.
Rangga W, Muhammad F, Rina O. (2018). Daya Saing PT Pesona Daun Mas Asri Berdasarkan Aktivitas Rantai Nilai. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis Vol.4.No.1, Januari 2018.
Ratih MK, Anas MF, Achmad C. 2012. Daya Saing PT Benar Flora Utama Berdasarkan Aktivitas Rantai Nilai Florikultura. Jurnal Manajemen & Agribisnis 9(3): 146-153.
Saladin. Djaslim. 2004. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Linda Karya. Bandung.
Suryana Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital. Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba Empat. Jakarta.
Sugiyono. 2016. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta. Bandung.
Umar. Husen. Strategic Management in Action. Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. 2001. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
KOMPAS.com http:..buku.kompas.com
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.