Saudi Vision 2030: Upaya Nation Branding Arab Saudi via Saudi Pro League 2019-2023

Febrizky Akbar, Resa Rasyidah

Abstract


Arab Saudi merupakan negara yang sangat bergantung pada minyak dalam hal pendapatan negaranya. Hal tersebut membuat perdana menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman, mencetuskan gagasan Saudi Vision 2030 yang memiliki tujuan untuk mentransformasi perekonomian dari Kerajaan Arab Saudi pada tahun 2016. Dalam mencapai tujuan tersebut, Saudi Vision 2030 memiliki 3 pilar utama, yaitu vibrant society, thriving economy, dan ambitious nation. Dalam mencapai visi tersebut, salah satu bidang yang bisa diandalkan adalah melalui olahraga, yaitu sepak bola, yang merupakan olahraga terpopuler di Arab Saudi dan juga dunia. Arab Saudi sendiri memiliki liga lokalnya sendiri yang bernama Saudi Pro League. Melalui Saudi Pro League, pemerintah berusaha untuk meningkatkan nation branding Arab Saudi, sesuai dengan Saudi Vision 2030. Usaha pemerintah dalam meningkatkan nation branding Arab Saudi melalui Saudi Pro League dimulai pada tahun 2019, dimana pemerintah Kerajaan Arab Saudi memulai program yang disebut sebagai “Our Tactics for Tomorrow”. Program tersebut memiliki tujuan untuk mengembangkan sepak bola di Arab Saudi. Hingga akhirnya pada tahun 2022, kedatangan salah satu pemain sepak bola terbaik dalam sejarah, yaitu Cristiano Ronaldo, seketika membuat nama dari Saudi Pro League meningkat tajam dan membuat pemain-pemain bintang lainnya berdatangan ke liga tersebut. Kedatangan dari pemain-pemain bintang tersebut meningkatkan jumlah penggemar baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal tersebut secara tidak langsung juga mempengaruhi nation branding dari Arab Saudi itu sendiri, yang sebelumnya tidak dikenal dengan sepak bolanya.

Kata kunci: Arab Saudi, Nation Branding, Saudi Vision 2030, Saudi Pro League.

 

Saudi Arabia is a country that is very dependent on oil in terms of state income. This made the prime minister of Saudi Arabia, Mohammed bin Salman, come up with the idea of Saudi Vision 2030, which aims to transform the economy of the Kingdom of Saudi Arabia by 2016. In achieving this goal, Saudi Vision 2030 has three main pillars: a vibrant society, a thriving g economy, and an ambitious nation. In achieving this vision, one area that can be relied on is through sport, namely football, the most popular sport in Saudi Arabia and the world. Saudi Arabia itself has its local league called the Saudi Pro League. Through the Saudi Pro League, the government is trying to improve Saudi Arabia's national branding following Saudi Vision 2030. The government's efforts to improve Saudi Arabia's national branding through the Saudi Pro League began in 2019 when the government of the Kingdom of Saudi Arabia started a program called "Our Tactics for Tomorrow." The program aims to develop football in Saudi Arabia. Finally, in 2022, the arrival of one of the best football players in history, namely Cristiano Ronaldo, immediately made the name of the Saudi Pro League rise sharply and made other star players come to the league. The arrival of these star players increases the number of fans both domestically and abroad. This also indirectly affects the national branding of Saudi Arabia itself, which was previously not known for its football.

Keywords: Saudi Arabia, Nation Branding, Saudi Vision 2030, Saudi Pro League.

https://doi.org/10.33005/jgp.v12i01.4303


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.