ANALISIS HUBUNGAN ANTAR VARIABEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA E-LEARNING UPN “VETERAN” JAWA TIMUR DENGAN PENDEKATAN UJI SIGNIFIKANSI
Abstract
E-learning merupakan suatu jenis kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada mahasiswa dengan menggunakan komputer dan jaringan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Model yang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan 5 konstruk utama yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, social influence dan behavioral intention. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif UPN “Veteran Jatim yang diperoleh sebesar 373 responden, yang didapat menggunakan tingkat toleransi 5% dan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan analisis data hasil menunjukkan bahwa model secara keseluruhan sudah sangat sesuai sehingga model TAM dapat digunakan untuk mengukur penerimaan dari sistem e-learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward using), persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward using), persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), sikap penggunaan (attitude toward using) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan (behavioral intention), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan (behavioral intention), pengaruh sosial (social influence) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan (behavioral intention) dan hipotesis 1 sampai 6 diterima.
Refbacks
- There are currently no refbacks.