ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN KESELARASAN STRATEGI BISNIS DAN TI PT. POS INDONESIA

Putu Arya Aditya

Abstract


Kondisi saat ini banyak organisasi yang memerhatikan kondisi keselarasan strategi bisnis dengan strategi teknologi informasi (TI), khususnya organisasi – organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung tujuan bisnisnya. Begitu juga PT. Pos Indonesia sebagai badan usaha milik negara yang bergerak di bidang logistik yang memanfaatkan teknologi informasi dalam setiap proses bisnisnya. Bahkan pada kondisi saat ini teknologi informasi mempunyai peranan penting untuk meningkatkan keunggulan bersaing organisasi. Penilaian kesesuaian strategi bisnis terhadap strategi teknologi informasi di PT. Pos Indonesia menggunakan model yang diperkenalkan Luftman yaitu SAMM (Strategic Alignment Maturity Model). Penilaian keselarasan strategi bisnis dan teknologi informasi menggunakan enam kriteria yaitu Communication, Competency/Value Measurement, Governence, Partnership, Scope & Architecture, Skills. Dengan adanya penelitian ini diharapkan memberikan rekomendasi pengukuran kompetensi teknologi informasi yang lebih berkesinambungan dengan proses bisnis, efektifitas dalam penerapan tata kelola teknologi informasi, relasi bisnis dengan teknologi informasi yang terkelola, perencanaan ekosistem teknologi informasi yang berkesinambungan dan terstandarisasi, serta SDM yang berkompeten dalam bidang teknologi informasi.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/sibc.v12i2.1562


Full Text: Vol. 12 No. 2 pp 55-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC)
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN "Veteran" Jawa Timur
Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294
Email : sibc@upnjatim.ac.id



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.