ANALISIS KESESUAIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Annisa Jarizky Permata Alam, Rahadian Bisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teknologi pembelajaran virtual terhadap lingkungan sosial pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dan memberikan usulan model dengan menggunakan metode tugas teknologi yang fit (Task Technology Fit), kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003) dan motivasi sosial (Social Motivation) . Model teori yang digunakan adalah gabungan dari model teori tugas teknologi yang fit (Task Technology Fit), model teori kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003) dan motivas sosial (Social Motivation). Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) Pendefinisian Object Penelitian (2) Studi Literatur (3) Perumusan Masalah (4) Mencari Variabel dari Setiap Aspek (5) Mengelompokkan Variabel (6) Perumusan Model Riset (7) Validasi (8) Modifikasi Model (9) Kesimpulan dan Saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan tool smartPLS versi 3.8. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Negeri Surabaya yaitu sebanyak 1256 mahasiswa dari 3 angkatan. Terdapat 18 hipotesis yang berpengaruh positif dan 19 hipotesis yang signifikan.

DOI : https://doi.org/10.33005/sibc.v12i2.1603


References


Delone, W. H., & Ephraim R McLean. (2003). The DeLone and McLean of Information System Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems.

Goodhue, D., & Thompsom, R. (1995). Task Technology Fit and Individual Performance. MIS Quaterly, 213.

H. Yamin, Sofyan Kurniawan, Generasi Baru Mengolah Data Penelitian Dengan Partial Least Square Path Modeling Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, Dan Visual PLS, Seri 4. Jakarta-Bandung: Salemba Empat, 2011.

Khan, I. U., Zahid Hameed, & dkk. (2017). Predicting the acceptence of MOOCs in a developing country: Application of Task Technology Fit Model, Social Motivation and Seld- determination Theory. Telemtics and Informatics.

Tam, C., & Tiago Oliviera. (2016). Understanding the impact of m- banking on individual performance: DeLone & McLean and TTF perspective. Computer in Human Behaviour.

Wu, Bing dan Xiaohui Chen . (2016). Continuance intention to use MOOCs: Integrating the technology. Computers in Human Behavior.


Full Text: Vol. 12 No. 2 pp 65-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC)
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN "Veteran" Jawa Timur
Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294
Email : sibc@upnjatim.ac.id



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.