ANALISIS KESESUAIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN VIRTUAL TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teknologi pembelajaran virtual terhadap lingkungan sosial pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dan memberikan usulan model dengan menggunakan metode tugas teknologi yang fit (Task Technology Fit), kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003) dan motivasi sosial (Social Motivation) . Model teori yang digunakan adalah gabungan dari model teori tugas teknologi yang fit (Task Technology Fit), model teori kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003) dan motivas sosial (Social Motivation). Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) Pendefinisian Object Penelitian (2) Studi Literatur (3) Perumusan Masalah (4) Mencari Variabel dari Setiap Aspek (5) Mengelompokkan Variabel (6) Perumusan Model Riset (7) Validasi (8) Modifikasi Model (9) Kesimpulan dan Saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan tool smartPLS versi 3.8. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Negeri Surabaya yaitu sebanyak 1256 mahasiswa dari 3 angkatan. Terdapat 18 hipotesis yang berpengaruh positif dan 19 hipotesis yang signifikan.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.