Pemodelan Adopsi Teknologi Pada V-Learning dengan Responden Mahasiswa

Chaulah Rati Hidayah, Rahadian Bisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan adopsi teknologi, mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi adopsi teknologi v-learning dan mencari model yang efektif pada adopsi teknologi v-learnning. Model teori yang digunakan adalah gabungan dari model teori adopsi teknologi (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dan model teori kesuksesan sistem informasi (Delone & McLean IS Success Model 2003). Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) Tahap Awal (2) Penentuan Variabel (3) Pemetaan Variabel-variabel kedalam Model Konseptual (4) Penyusunan Kuesioner (5) Percobaan Instrumen (6) Pengumpulan Data (7) Analisa Data (8) Pengujian Hipotesis (9) Tahap Akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan tool smartPLS versi 3.8. Hasil dari penelitian ini dibedakan berdasarkan responden, yaitu responden semua pengguna (mahasiswa dan dosen), responden mahasiswa, dan responden dosen. Terdapat 6 hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan pada responden mahasiswa.

Kata kunci: Pemodelan Adopsi Teknologi, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Delone & McLean IS Success Model (2003), V-Learning

DOI : https://doi.org/10.33005/sibc.v12i2.1563


Full Text: Vol. 12 No. 2 pp 75-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC)
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN "Veteran" Jawa Timur
Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294
Email : sibc@upnjatim.ac.id



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.