DESAIN APLIKASI TEKNOLOGI SELULER UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK UKM MENGGUNAKAN PENDEKATAN “OPEN INNOVATION”
Abstract
Penggunaan teknologi dalam proses desain produk inovatif menjadi sangat akseleratif di seluruh dunia. Bagi usaha kecil dan menengah (UKM) wajib membuat produk inovatif, karena fakta UKM memiliki ketidakmampuan keuangan dan kepakaran. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 di Turki, pengeluaran perusahaan berkaitan dengan R & D, sepuluh perusahaan pertama adalah multinasional dan bukan UKM. Open Innovation wajib bagi UKM untuk menjaga keunggulan kompetitif mereka. Dalam Open Innovation, semua mitra eksternal dapat berpartisipasi dalam proses bisnis. Namun, belum ada banyak penelitian tentang hal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang proses pengembangan produk UKM menggunakan teknologi mobile. Sistem dirancang dapat memberi umpak balik dari mitra eksternal untuk memberi saran. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan para ahli dan tinjauan pustaka, poin-poin yang diberikan oleh pelanggan diperhatikan dan dianalisis untuk ditindaklanjuti. Proses analisis diterapkan sesuai dengan kriteria seleksi yang ditentukan. Open Innovation menggunakan metode kontestifikasi. Kontesifikasi adalah metode yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam kontes ide atau saran kepada semua pengguna serta memiliki hak untuk memberikan ide sehingga ide-ide inovatif menjadi nyata. Pada penelitian ini penerapan metode kontestifikasi melalui teknologi mobile digunakan untuk mempercepat proses R & D produk. Hasil akhir penelitian ini adalah prototype aplikasi proses pengembangan produk UKM berbasis android menggunakan metode User Centered Design yang dapat mengakomodasi umpan balik dari pengguna untuk proses pengembangan produk. Research and Development digunakan untuk pengukuran, pengamatan dan pengambilan keputusan yang efisien dengan sumber daya keuangan yang lebih sedikit sehingga proses pengembangan dan analisis lebih mudah.
References
. Amborowati, A. (2012). Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD (User Centered Design). STMIK AMIKOM, 1-15.
. Berisha, G., & Pula, J. S. (2015). Defining Small and Medium Enterprises: a critical review. Academic Journal of Business, Administration, Law and Social Sciences, 17-28.
. Chesbrough, H., & Crowther, A. K. (2006). Beyond high tech: early adopters of open innovation in other industries. Dalam R&D Management 36 (hal. 229–236). Blackwell Publishing Ltd.
. Colombo, M. G., Piva, E., & Lamastra, C. R. (2014). Open innovation and within-industry diversification in small and medium enterprises: The case of open source software firms. Research Policy 43, no. 5, 891-902.
. Csath, M. (2012). Encouraging innovation in small and medium sized businesses: learning matters. An International Journal, Vol. 26 Issue, 9-13.
. ISO 9241-210. (2010). ISO.
. Jagadish , R. N. (2014). User centered design of an Iphone application for women business travelers. Examensarbete: Uppsala Universitet.
. Parida, V., Westerberg, M., & Frishammar, J. (2012). Inbound Open Innovation Activities in High‐Tech SMEs: The Impact on Innovation Performance. Journal of Small Business Management Volume 50, Issue 2, 307-318.
Full Text: Vol. 12 No. 2 pp 103-108
Refbacks
- There are currently no refbacks.