TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

meyninda destiara

Abstract


Biologi merupakan pembelajran yang berkaitan dengan makhluk hidup dan lingkungan, sehingga mengharuskan untuk melakukan pengamatan bendanya secara langsung. Teknologi Augmented Reality merupakan solusi yang dapat membantu memfasilitasi dalam melakukan pengamatan, karena mampu memvisualkan benda 2D menjadi 3D. tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pembuatan aplkasi dengan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam membuat media yaitu dengan SDLC (System Development Life Cycle). Adapun hasil penelitian diperoleh aplikasi yang dikembangkan dengan perangkat lunak Unity 3D dengan objek yang ditampilkan 7 jenis hewan Arthropoda yaitu: Semut, Kelabang, Laba-laba, kalajengking, kepiting, lebah dan udang.

 

DOI :https://doi.org/10.33005/sibc.v13i2.2190


Full Text: Vol. 13 No. 2. pp 75-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC)
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN "Veteran" Jawa Timur
Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294
Email : sibc@upnjatim.ac.id



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.