PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN JENIS PERAWATAN GIGI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Tatak Guritno Adi Indhito, Irfan Pratama

Abstract


Menjaga kesehatan gigi merupakan perilaku yang sering diabaikan oleh banyak orang. Dengan abai dalam melakukan perawatan gigi akan mengakibatkan berbagai permasalahan dalam bentuk penampilan maupun kesehatan pada gigi. Sehingga tidak jarang pula diantara kita akan takut atau tidak percaya diri untuk melakukan pemeriksaan pada sebuah klinik gigi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi mengenai perawatan apa yang sebaiknya dilakukan, sebelum seorang pasien datang untuk melakukan sebuah perawatan. Dengan mengidentifikasi kondisi gigi yang tengah dialami, agar seseorang dapat mempersiapkan dirinya sebelum datang pada sebuah klinik gigi. Sistem tersebut berbentuk sistem pakar, sebuah sistem yang mengadopsi keilmuan yang dimiliki oleh seorang ahli. Kemudian dirancang menggunakan basis android yang pada era saat ini banyak orang menggunakan sistem operasi tersebut. Langkah yang dilakukan dalam perancangan sistem tersebut yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan dokter gigi sebagai pakar atau sumber informasi, yang kemudian data konvensional yang didapat diterapkan kedalam teknologi ponsel pintar berbasis android. Dalam perancangan sistem pakar ini digunakan Metode forward chaining, metode tersebut ialah teknik pencarian yang diawali dengan fakta, kemudian fakta tersebut dibandingkan dengan fakta lain menggunakan aturan IF – THEN. Selanjutnya akan dieksekusi jika terdapat fakta yang sama, pencocokan akan berhenti jika tidak terdapat lagi rule yang dijalankan. Diharapkan perancangan sistem ini dapat membantu para calon pasien untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan gigi mereka dan membantu dokter dalam tugasnya menyampaikan informasi dari keluhan gigi yang pasien derita serta menambah informasi bagi calon pasien klinik gigi yang akan berkunjung.

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/sibc.v14i2.2637


References


N. Jocom, “Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi),” ACTA DIURNA Komun., vol. 2, no. 1, 2013.

S. K. M. Rachmat Hidayat, Kesehatan Gigi dan Mulut-Apa yang Sebaiknya Anda Tahu? Penerbit Andi, 2016.

B. H. Hayadi, Sistem Pakar. Deepublish, 2018.

A. E. Widodo, S. Suleman, A. Ardiansyah, D. Pratmanto, S. Aji, and D. Savitri, “SI-PAKARDI (Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi) Menggunakan Metode Forward Chaining,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 8, no. 1, 2020.

W. Verina, “Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 123–138, 2015.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018.

I. Kusyadi, “Penerapan Sistem Informasi Pemberitahuan Impor Barang Khusus Berbasis Web dengan Metode Waterfall pada KPPBC TMP Soekarno-Hatta,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 2, pp. 94–97, 2018.

I. Sutoyo, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SANTRI BARU MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL,” INTI Nusa Mandiri, vol. 14, no. 1, pp. 85–92, 2019.

N. Muthia, H. Amalia, A. Puspita, and A. F. Lestari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dengan Model Waterfall Berbasis Java Desktop,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 15–22, 2019.

H. Fakhrurrozi and M. N. Al Azam, “E-Library Sebagai Sumberdaya Informasi dan Pengetahuan di Lingkungan PLN UID Jawa Timur Berbasis Android dengan Fingerprint Authentication,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 4, no. 2, pp. 98–103, 2021.

A. Hendini, “Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 2, 2016.

N. J. Simanjuntak, S. Suryadi, and G. J. Y. Silaen, “Sistem Pengarsipan Surat Bagian Organisasi Dan Tatalaksana Pada Kantor Bupati Labuhanbatu Berbasis Web,” INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 26–36, 2017.

N. A. Arrosyid, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Di Klinik Gigi Apotek 128.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

C. M. Cahyadi and G. Susanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling Di SMK Tamansiswa Mojokerto Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,” RAINSTEK J. Terap. Sains Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2020.

C. Adiguna, I. G. P. S. Wijaya, and L. S. Arif, “RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK NON-PERMANEN KELURAHAN PAGESANGAN BARAT BERBASIS DESKTOP,” J. Begawe Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, 2020.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC)
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, UPN "Veteran" Jawa Timur
Jl. Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294
Email : sibc@upnjatim.ac.id



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.