ANALISIS PENERAPAN APLIKASI MUSEUM VIRTUAL INDONESIA (SIMVONI)
Abstract
Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif analisis dengan tujuan untuk mengetahui peran SIMVONI sebagai sistem informasi baru yang dapat mempermudah pengunjung museum dalam melakukan kunjungan sehingga dapat menjaga eksistensi kunjungan museum itu sendiri di tengah pandemi Covid-19. Teknologi tersebut dinamakan virtual tour, di tengah pandemic virtual tour menjadi primadona di berbagai sektor termasuk sektor pariwista. Pengembangan SIMVONI digunakan untuk menjaga eksistensi kunjungan museum ditengah segala keterbatasan yang ada. Dengan hasil kuesioner yang didapatkan menunjukkan terdapat gap yang sangat jauh terhadap minat pengguna, dimana pengunjung memiliki niat yang cukup besar untuk berkunjung secara langsung ke museum setelah melakukan tur di SIMVONI. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa saat atau setelah menerapkan SIMVONI di museum memberikan dampak yang positif.
References
H. Respatiningsih and B. Kurniawan, “Penerapan Virtual Tour Sebagai Strategi Promosi di Era New Normal ( Studi Kasus di Destinasi Digital Pasar Inis Purworejo ),” Semin. Nas. Kepariwisataan, vol. 1, no. 1, pp. 83–94, 2020.
R. Muhammad, D. Mutiarin, and J. Damanik, “Virtual Tourism Sebagai Alternatif Wisata Saat Pandemi,” J. Indones. Tour. Hosp. Recreat., vol. 4, no. 1, pp. 53–60, 2021, doi: 10.17509/jithor.v4i1.31250.
T. F. Prasetyo, A. Bastian, and H. Sujadi, “Optimalisasi Penerapan Teknologi Virtual Reality Tour Kampus Universitas Majalengka Menggunakan,” vol. 7, pp. 15–28, 2021.
S. Sulistyowati and A. Rachman, “Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar,” J. Ilm. NERO, vol. 3, no. 1, pp. 37–44, 2017, [Online]. Available: http://nero.trunojoyo.ac.id/index.php/nero/article/download/71/77.
H. A. Musril, J. Jasmienti, and M. Hurrahman, “Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 83, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23215.
Bailly, “VIRTUAL TOUR OF USER-DEFINED PATHIS INA GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM,” vol. 1, no. 12, 2011.
A. Choiron and I. Lesmana, “Aplikasi Virtual Tour Dinamis Pada Universitas Dr. Soetomo Surabaya Berbasis Web,” J. Inf., vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.25139/ojsinf.v2i1.406.
D. Dio, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Lokasi Rekreasi dan Hiburan Keluarga di Pontianak,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i1.27384.
S. P. F. Waraney, V. Tulenan, and A. A. E. Sinsuw, “Pengembangan Virtual Tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara Menggunakan Teknologi Video 360 Derajat,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17786.
M. Husna, E. Simanungkalit, and F. Faulina, “Pembuatan Virtual Tour Sebagai Sarana Pembelajaran Program Studi Mice,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, p. 99, 2021, doi: 10.20527/klik.v8i1.375.
A. R. Triani, A. R. Adriyanto, and D. Faedhurrahman, “Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung,” J. Bhs. Rupa, vol. 1, no. 2, pp. 136–146, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa.
D. T. Baswarani, “Virtual tour sebagai alternatif media promosi pariwisata,” J. itb, 2021.
M. Syani and F. Rahman, “Virtual Tour Interaktif Panorama 360° Berbasis Web Di Politeknik TEDC Bandung Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika,” Tedc, vol. 11, no. 1, pp. 60–65, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/download/207/155.
M. Sabikhis and H. Fithroni, “IDENTIFIKASI MINAT PENGUNJUNG MUSEUM MPU TANTULAR TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI KECAMATAN BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO Muhammad Sabikhis Hijrin Fithroni,” J. Kesehat. Olahraga, vol. 9, pp. 311–318, 2021.
F. D. Winata and D. Mutiarin, “Inovasi Ekowisata Digital Saat Pandemi Covid-19 Studi Kasus: Virtual Experience Oleh Sebumi.Id,” J. Muara Ilmu Sos. Humaniora, dan Seni, vol. 5, no. 1, p. 164, 2021, doi: 10.24912/jmishumsen.v5i1.10637.2021.
I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.
Full Text: Vol. 15 No. 1. pp 49-54
Refbacks
- There are currently no refbacks.