MOTIF PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN GENERASI MILENIAL DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO

Moch. Ali Mashuri, Subagyo Adam

Abstract


Fenomena yang terjadi didalam organisasi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo dimana adanya benturan budaya didalam organisasi yakni generasi baby boomer lebih kaku didalam birokrasi, kurang mengikuti perkembangan ICT. Generasi millennial sangat familiar dengan ICT, serba instan dan menginginkan kemudahan dalam bekerja di organisasi, kurang suka atau bosan dengan rutinitas, dan lebih suka bekerja dibalik layar. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap motif, tindakan sosial, dan konstruksi sosial kemandirian, kompetensi, inovasi generasi millenial dalam pelaksanaan pelayanan publik berbasis elektronik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan adalah pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo yang masuk dalam kategori generasi millennial sebanyak 8 informan.
Hasil penelitian ini bahwa motif pengembangan kemandirian generasi millenial dalam pelaksanaan pelayanan publik berbasis elektronik didapatkan pegawai generasi millenial selain bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, mereka ingin bekerja sesuai dengan aturan dan sistem yang berlaku, motif prestasi, dan ingin mengembangkan kemampuan yang dimiliki agar lebih profesional dibidang pelayanan publik.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v9i2.1641


References


Ivancevich, J. M., Konopaske, R., dan Matteson, M.T. (2008).Organizational Behavior And Management. (8th Ed). New York: Mcgraw-Hill.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep RohindiRohidi, UI-Press.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Mullins, J. W & Walker, O.C. 1996. Competency, Prior Performance, Opprtunity Framing, and Competitive Response: Exploring Some Behavioral Decision Theory Perspectives. Marketing Letters, 7 (2), 147-162.

Moeleong. Lexi J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Muhammad. 2014. Inovasi Pelayanan Publik Bidang Perizinan di Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kabupaten Pinrang.

www.dpmptsp.sidoarjokab.go.id. Laporan Kinerja Pejabat Pelaksana/ Fungsional/ Staf Tahun 2017 Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten Sidoarjo, Email:perizinan_sidoarjokab@yahoo.co.id.

www.kompasiana.com, diakses 10 Juni 2017.

www.bps.go.id. Statistik Indonesia 2017, diakses 25 Februari 2017.

www.oss.go.id/oss, diakses 13 Juni 2018.

www.dpmptsp.sidoarjokab.go.id, diakses 18 Juni 2018.

www.bappenas.go.id, diakses 27 Februari 2019

www.menpan.go.id, diakses 27 Februari 2019


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)