ANALISIS MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DAN ROLE STRESS TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP VIII
Abstract
Ketidakhadiran pegawai menjadikan sesuatu yang sangat penting atau disebut mahal karena keridakhadiran dapat menyebabkan pekerjaan atau tugas-tugas menjadi terbengkalai. Ketidakhadiran pegawai merupakan sikap dari rendahnya kedisiplinan yang dapat menuruntunkan kinerja pegawai. Menurunya komitmen dan semangat kerja pekerja tidak terlepas dari usaha pemanfaatan sumber daya manusia oleh organisasi, dimana komitmen organisasional menjadi salah satu konsep yang paling vital di bidang manajemen sumber daya manusia, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi Pelayanan Publik dan Role Stress Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasi
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai lingkungan Unit Operasi Non Kru PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya, dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan path analisis.
Berdasarkan hasil perhitungan penelitian dapat disimpulkan bahwa Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh terhadap Komitmen organisasi. Role Stress berpengaruh terhadap Komitmen organisasi. Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Role Stress berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian dapat disimpulkan bahwa Komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai . Hal tersebut dikarenakan Komitmen organisasi pegawai telah sesuai Berdasarkan hasil perhitungan penelitian dapat disimpulkan bahwa Komitmen organisasi terbukti sebagai variabel intervening dalam pengaruh antara Motivasi Pelayanan Publik terhadap kinerja pegawai . Berdasarkan hasil perhitungan penelitian dapat disimpulkan bahwa Komitmen organisasi terbukti sebagai variabel intervening dalam pengaruh antara motivasi terhadap kinerja pegawai .
References
Arif. Ramdhani 2011. Penilaian Kinerja. PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Cooper, D.R. dan Schindler, P.S. (2014). Business Research Methods. McGraw-Hill,. New York.
Jacobson, W. S., 2011. Creating a Motivated Workforce: How Organizations Can Enhance and Develop Public Service Motivation (PSM). Public Personnel Management, 40(3), pp. 215-238
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Perry, J. L., Hondeghem, A., & Wise, L. R. (2010). Revisiting the motivational bases of public service: twenty years of research and an agenda for the future. Public Administration Review, 68, 445
Pestonjee. D.M. 1992. Stress and Coping. The Indian Experience.. New Delhi: Sage Publication Pvt Ltd.
Porter, L.W. and Steers, R.M. 1982. Employee organization Link ages: The Psychology of Commitment, Absenteeism and Turnover. Academic Press, New York.
Pricilla, Lidya, 2019, Pengaruh Pelatihan,Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Volume 7, No. 2, Desember 2019
Shrestha, A. K., & Mishra, A. K. (2015). Interactive Effects of Public Service Motivation and Organizational Politics on Nepali Civil Service Employees’ Organizational Commitment. Business Perspectives and Research, 3(1), 21– 35.
Suwatno dan Donni Juni Priansa. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung : Cv. Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2012, Service Management : Mewujudkan Layanan Prima. Andi Publisher.
Vandenabeele, W., Depré, R., Hondeghem, A. & Yan, S., 2004. The Motivational Patterns of Civil Servants. Viešoji Politika Ir Administravimas, Volume 13, pp. 52-63.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.