Pemberdayaan UMKM Batik Tulis di Kampoeng Batik Jetis oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo

Yusuf Hariyoko, Adi Soesiantoro, Mohammad Agus Junaidi

Abstract


ABSTRAK

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebar secara merata di wilayah Indonesia. Salah satu UMKM yang khas di Kabupaten Sidoarjo yaitu batik tulis. Jumlah pelaku usaha batik tulis yang berada di Kampoeng Batik Jetis Kabupaten Sidoarjo semakin menurun. Oleh karena itu pemberdayaan untuk UMKM batik tulis sangat diperlukan agar dapat berkembang dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pemberdayaan UMKM Batik Tulis di Kampoeng Batik Jetis Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemberdayaan UMKM batik tulis di Kampoeng Batik Jetis oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan dengan baik. Pemberdayaan yang dilakukan yaitu 1) mengembangkan usaha meliputi pemasaran, sumber daya karyawan, keuangan dan penguatan lembaga sosial. Dalam hal pemasaran, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah memberdayakan para pelaku UMKM batik tulis yang ada di Kampoeng Batik Jetis Kabupaten Sidoarjo dengan mengadakan dan mengikutsertakan pelaku usaha batik dalam kegiatan pameran atau event-event lain. Dalam hal sumber daya manusia karyawan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo memberikan pelatihan tentang pemasaran online atau Market Place, pelatihan kewirausahaan, pelatihan manajemen keuangan. Dalam hal keuangan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan fasilitas pinjaman modal. 2). Dalam penguatan lembaga sosial, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo memberikan informasi kepada Paguyuban Batik Sidoarjo adanya kegiatan pameran, pelatihan serta informasi adanya fasilitas pinjaman modal untuk UMKM batik tulis di Kampoeng Batik Jetis Kabupaten Sidoarjo.

Kata Kunci: Pemberdayaan, UMKM Batik

 

ABSTRACT

Small and Medium Enteprise (SME) are spread evenly in Indonesia. One of the UMKM’s unique in Sidoarjo is Batik Tulis. However, the number of Batik Tulis business at Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo has been decreasing. Therefore, empowerment for UMKM Batik Tulis is very important in order for it to develop and be independent. The aims of this study are to describe and analyze the empowerment of UMKM Batik Tulis at Kampoeng Batik Jetis by Micro Business and Cooperative Official Agency in Sidoarjo. This study uses qualitative descriptive analysis method. The results show that empowerment of UMKM Batik Tulis at Kampoeng Batik Jetis by Micro Business and Cooperative Official Agency in Sidoarjo has been properly implemented. The empowerment taken are as follows 1) developing business, including marketing, human resources, as well as strengthening financial and social institutions. In terms of marketing, the Micro Business and Cooperative Official Agency in Sidoarjo empowers UMKM Batik Tulis at Kampoeng Batik Jetis Sidoarjo through organizing and involving the batik entrepreneurs in exhibitions or other events. In terms of human resources, the Micro Business and Cooperative Offical Agency in Sidoarjo provides training on online marketing or Market Place, entrepreneurship, and financial management. In finance, the Micro Business and Cooperative Official Agency also provides loan facilities. 2). In strengthening social institutions, the Micro Business and Cooperative Official Agency in Sidoarjo provides information to the Batik Associations in Sidoarjo about exhibitions, training as well as details on loan facility for UMKM Batik Tulis in Kampoeng Batik Jetis, Sidoarjo.

Keywords: Empowerment, UMKM Batik Tulis

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v11i1.2478


References


Abipraja, S. (2002). Pemberdayaan Masyarakat: Sebuah Strategi Memperkecil. Jurnal Widya Manajemen Dan Akuntansi, 61–69.

Hariyoko, Y. (2018). Pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1).

Jeffrey, J. G. (2019). Fasilitas Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Jawa Timur di Surabaya. EDimensi Arsitektur Petra, VII(1), 881–888. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/view/9353

Kartasasmita, G. (1996). Pemberdayaan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan. Cides.

Maknun, I. (2017). Peran Kelompok Usaha dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (KUPEK) Assolahiyah dalam Upaya Menciptakan Kemandirian Masyarakat di Bidang Ekonomi. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 1(1). http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/15287

Marmot, M. G. (2004, August 10). Evidence based policy or policy based evidence? Willingness to take action influences the view of the evidence—look at alcohol. BMJ (Online). https://doi.org/10.33772/PUBLICA.V8I2.6550

Mashoed. (2004). Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Papyrus.

Methasari, M., Kurniawan, G., & Sidik, A. R. (2018). ANALISIS ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM DI KABUPATEN MADIUN. Jurnal Dinamika Governance, 8(2), 188.

Nirwati, Muhammad Amir, J. (2019). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KEBIJAKAN PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI KABUPATEN KONAWE SELATAN | Dahlia | Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik. Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 10(2). http://ojs.uho.ac.id/index.php/publika/article/view/6550

Prasetyo. (2015). Informasi Peternakan. https://prasfapet.wordpress.com/2015/05/07/konsep-dan-teori-pemberdayaan-masyarakat/

Riniati. (2017). Analisis Bridging, Linking dan Bonding Social Capital pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Studi Kasus di Desa Kertosari, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur). Jurnal Ekuilibrium, 1(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK/article/view/13885

Telagawathi, N. L. W. S. (2017). PEMBERDAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH KAIN TENUN CEPUK DI KECAMATAN NUSA PENIDA KABUPATEN KLUNGKUNG, BALI. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 1. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.9537

Wicaksono, A. S., & Wibawani, S. (2016). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI KONSUMEN CERDAS DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Dinamika Governance, 6(2), 111–126.

WIRAWAN, R. S. (2015). SEJARAH INDUSTRIALISASI BATIK DI KAMPUNG BATIK JETIS SIDOARJO TAHUN 1970-2013 Rizky Satrya W. Agus Trilaksana. Journal Pendidikan Sejarah, 3(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/12807

Yahn Bayu Anoraga, I. P. (2017). IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO NOMOR 19 TAHUN 2008 TENTANG PEMBERDAYAAN KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KECAMATAN SOOKO, KABUPATEN MOJOKERTO | Publika. Publika, 5(5). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/20959


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Telp : +6281908756400