PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI KERJA GURU SMA NEGERI KOTA GUNUNGSITOLI

Tonaziduhu Zebua, Sahyar Sahyar, Beby Karina

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi kerja guru di SMA Negeri Gunungsitoli Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru SMA di Gunungsitoli. Partisipan dalam penelitian ini adalah 50 guru SMA di Gunungsitoli yang telah memiliki sertifikat pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 18 guru laki-laki dan 32 guru perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner telah divalidasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis dengan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Disiplin kerja guru lebih dominan mempengaruhi peningkatan kompetensi kerja guru secara signifikan.

Kesimpulan : Motivasi kerja, disiplin kerja dan pengalaman kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru di Gunungsitoli baik secara parsial maupun simultan.

 

Kata kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja dan Kompetensi Guru SMA

ABSTRACT

The problem in this researc is the low job competence of teachers in SMA Negeri Gunungsitoli City. This study aims to find out and analyze the effect of work motivation, work discipline and work experience on high school teacher competency in Gunungsitoli. The participants in this study were 50 high school teacher in Gunungsitoliwho have had a certificate of educator. This study used a total sampling technique, which means that the entire population was used as a research samplethat consisting of 18 male teachers and 32 female teachers. Data collection techniques using questionnaires. The questionnaire has been validated and found to be valid and reliable. The data was analyzed with multiple linear regressions by using SPSS. Hypothesis testing results indicates a significant effect. Discipline work of teacher more dominant influence the increasing of cometency teacher working significantly.Working motivation, discipline of working and experiencing of teachers effect on the working of teachers in Gunungsitoli either partially or simultancously.

Key words: Work Motivation, Work Discipline and Work Experience and High School Teacher Competency

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2688


References


Abubakar. (2019). Pengaruh Disipilin Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing Pada Mall Jayapura. Jurnal Ilmu Administrasi dan Ilmu Pemerintahan. Vol 3, No 1.

Afandi, Fandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing

Akhtar, Javed Hassan and Iqbal, Irum. (2017) Impact of Motivation on Teachers’ Job Performance: A Case Study of a Public Sector University. Journal of Educational Sciences & Research Spring 2017, Volume 4 No.1

Aulia, Nida. (2015). Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Etos Kerja terhadap Kompetensi Profesional Guru Produktif Pemasaran SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Semarang. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Ardana, I Komang., Mujiati Ni Wayan., dan Utama, I Wayan Mudiartha. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aristarini, L. I Ketut Kirya, Ni Nyoman Yulianthini. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial, dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Karyawan pada Bagian Pemasaran PT. Adira Finance Singaraja, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 2(4), 206-213.

Azar, Maryam dan Shafighi, Ali Akbar. (2013). The Effect of Work Motivation on Employees’ Job Performance (Case Study: Employees of Isfahan Islamic Revolution Housing Foundation). International Journal of AcademicResearch in Business and Social Sciences, Vol. 3, No. 9, pp. 78-82.

Chang, M.-L. (2013). Toward a theoretical model to understand teacher emotions and teacher burnout in the context of student misbehavior: appraisal, regulation and coping. Jurnal Motivation and Emotion, 37, 799–817. doi: 10.1007/s11031-012-9335-0.

Rahmadanik, D. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 11-18.

Dias-Lacy, S. M. & Guirguis, R. V. (2017). Challenges for new teachers and ways of coping with them. Journal of Education and Learning, 6(3): 265-272.

Firdousy. (2009). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi-Akuntansi SMA Negeri Se-Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fitria, Finadiaul. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Guru IPS di MAN Tulungagung. Skripsi. Falkutas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Frenzel, A. C., Goetz, T., Stephens, E. J., & Jacob, B. 2011. Antecedents and effects of teachers’ emotional experiences: an integrated perspective and empirical test. In P. A. Schutz & M. Zembylas (Eds.), Jurnal Advances in teacher emotion research (pp. 129–151). Heidelberg: Springer.

Hasmayanti, Yanti. (2011). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru (Studi Pada Jurusan Bisnis Dan Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Sumedang). Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi. Vol 10, No 1.

Khatoon, Hamida, Fareeda Azeem and. Sajjad Hayat Akhtar. (2011). The impact of different factors on teaching competencies at secondary level in Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business Copy right © 2011 Institute of Interdisciplinary Business Research 648 September 2011 Vol 3, No 5

Khayatun, Nur. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Diklat terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) Vol 6, No 1 (2017)

Lestari, Siti., dkk. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Guru dengan Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Moderasi. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Vol. 6 No. 2 Desember 2012:

Marselus R. Payong. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.

Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Nurdin, Syafruddin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum (Jakarta: Ciputat Pers, h. 16).

Nurlaila. (2016). Pengaruh Motivasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Pasca Sertifikasi Mts Negeri Se-Kota Palembang Tahun 2016. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Pudjiastuti, E. (2011). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja SMP Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, 5(2), 120–131.

Rahayu, Septi. (2014) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SDN di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Rivai, V. & Sagala, J. (2009). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2011). Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. PT Indeks: Kelompok Gramedia.

Rofi. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Departemen Produksi Pt. Leo Agung Raya Semarang.Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol 3 Nomor 1, Mei 2012.

Rusneli, dkk. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Disiplin Kerja dan Konsep Diri terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan. Lampung. FKIP UNILA. VOL 6, NO 1

Sinambela, Litjan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uwameiye, R. (2014). Falling standard of education in Nigeria: Causes and solution, Abrose Ali UniversityPublication, Vol.14, First edition

Veithzal Rivai & E. Jauvani Sagala. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Saefudin, W., Bestari, D. K. P., Aisyah, M., & Mujib, M. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pembimbing Kemasyarakatan di Wilayah Kalimantan Barat. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 117-128.

Wang, Y.- F., Chiang, M.,-H., and Lee, Y.,-J. (2014). The relationships amongst the intern anxiety, internship outcomes, and career commitment of hospitality college student. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education,1(1), pp.86-93.

Yani, Asri dan Indrawati, Aniek. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Guru Bersertifikasi di SMK Negeri 1 Pasuruan. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 1, Juli 2016, Halaman 58 – 74


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)