Efektivitas Program Bantuan Kuota Belajar di Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka

Gempiara Gempiara, Moh. Supendi

Abstract


Abstrak
Pemerintah Kemendikbud memberikan Bantuan kuota belajar kepada pendidik, peserta didik dan Mahasiswa guna untuk menunjang Pembelajaran Daring. Dengan adanya Program bantuan kuota belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentu berpengaruh terhadap proses pelaksanaan pembelajaran Daring. Khususnya bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyediakan Kuota internet guna mengikuti pembelajaran Daring. Untuk memastikan hal tersebut dapat dilihat dari kebijakan dan proses pelaksanaan program dengan menggunakan alat ukur Efektivitas Program. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Program bantuan kuota belajar di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka khususnya pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif menggunakan Pendekatan studi Kasus dan Teknik Purposive Sampling yaitu informan sebanyak 9 Orang yang terdiri dari dua Mahasiswa semester dua, empat, enam dan delapan serta staff Biro Akademik dan Kemahasiswaan (Pusat Sistem Informasi,Akreditasi  dan Pelaporan). Teknik pengumpulan data penelitian adalah Observasi partisipasi Aktif, Wawancara mendalam dan Dokumentasi (Triangulasi). Teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan Sekunder. Tehnik analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Indikator penelitian yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi, pencapaian tujuan, dan ketepatan waktu. Dari hasil temuan lapangan secara keseluruhan program telah berjalan sesuai dengan kebijakan yang ditentukan sebelumnya. Hampir secara keseluruhan mahasiswa diberikan Bantuan Kuota Belajar, mengetahui informasi mengenai Penyaluran Bantuan Kuota belajar dari kemendikbud, dengan adanya Bantuan Kuota Belajar tidak banyak mahasiswa yang mengeluhkan mengenai Penyediaan Kuota Belajar selama pelaksanaan pembelajaran Daring. Dan penyaluran kuota belajar diberikan tepat waktu sesuai denga jadwal yang telah ditentuakan.  Dengan hal tersebut telah dapat dikatakan bahwa program bantuan kuota belajar telah efektif.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Program Kuota Belajar

Abstract

The Government of the Ministry of Education and Culture provides learning quota assistance to educators, students and students in order to support online learning. The existence of a learning quota assistance program from the Ministry of Education and Culture certainly affects the process of implementing online learning. Especially for students who have difficulty in providing internet for quotas to participate in online learning. To ensure this, it can be seen from the policies and program implementation processes using the Program Effectiveness measurement tool. The purpose of this study was to find out how the effectiveness of the study quota assistance program at the University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka especially in the Economic Education Study Student Program. The method used in this study is a descriptive qualitative method using a case study approach and purposive sampling technique, namely 9 informants consisting of two second, fourth, sixth and eight semester students and the staff of the Academic and Student Affairs Bureau (Center for Information Systems, Accreditation). and Reporting). Research data collection techniques are Active Participation Observation, In-depth Interview and Documentation (Triangulation). Data collection techniques using primary and secondary data sources. Data collection analysis techniques, data reduction, presentation and drawing conclusions. The research indicators are targeting accuracy, socialization, goals, and timeliness. From the findings, the overall program has been running in accordance with the previously determined policies. Almost all students were given Learning Quota Assistance, knowing information about the Distribution of Learning Quota Assistance from the Ministry of Education and Culture, with the Learning Quota Assistance not many students complained about the Provision of Learning Quotas during the implementation of online learning. And the allocation of study quotas is given on time according to a predetermined schedule. With this, it can be said that the learning quota assistance program has been effective.

Keywords: Effectiveness, Learning Quota Program

 

 

DOI : https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2784


References


Buku:

P.Koton, Y. (2019). Restrukturisasi Organisasi Teori dan Aplikasi dalam Mengefektifkan Pengelolaan Keuangan Daerah (A. Tahir (ed.); pertama). CV BUDI UTAMA.

Sattar. (2017). Buku Ajar Ekonomi Koperasi (pertama). CV BUDI UTAMA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). Alfabeta.

Sutrisno, E. (2018). Budaya Organisasi (E. Wahyudi & Suwito (eds.)). PRENADAMEDIA GRUP.

W. Arif, N. (2020). Problematika Pembelajaran daring dalam Perspekif Mahasiswa. Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115.

Jurnal:

Aldino, A. putra. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Pada Masyarakat Di Kota Palu (Studi Tentang Kelompok Usaha Bersama). Katalogis, 6(8), 1–8.

Anggrella, Brenda Momongan. Alden Laloma, G. B. T. (2013). Efektivitas Program Kelompok Usaha Bersama di Desa Kemang Dua Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Brenda. 53(9), 1689–1699.

Annur, M. F. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Pnelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.

Aridya, R. (2019). Efektivitas Organisasi Tata kelola minyak dan gas bumi (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.

Bastaman, K., Nawawi, A., & Taharudin, T. (2020). Efektivitas Program Desa Migran Produktif (DESMIGRATIF) Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 2(2), 169–191. https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i2.928

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.

Ekasari, R. (2020). Model Efektivitas Dana Desa untuk Menilai Kinerja Desa Melalui Pemberdayaan Ekonomi (M. Lettucia (ed.); 1st ed.). AE Publishing.

Fadjar, D. S. (2020). Pendekatan Program Berbasis Spasial (D. S. Fadjar (ed.); pertama). CV Cendekia Press.

Fatmala, R. (2019). Birokrat: jurnal ilmu administrasi publik issn : 2354-5925. 8(2), 116–130.

Haniefah, U., Surya, I., & Burhanudin. (2019). Efektivitas Program Corporate Social Responsibility ( Csr ) Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Pt . Tanjungmanis Arta Lestari. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7(1), 3207–3220.

Harmani,Dwi Aatuti, dkk. (2019). Efektivitas Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Surabaya. 19(3).

Kurniawan, adi. (2017). Efektivitas Penyelenggaraan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi di Universitas Riau. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25.

Kusyeni, R. D., Sari, N., Kumala, R., & Arifin, Z. (2021). Efektivitas Program Earmarking Tax Atas Pajak Rokok Untuk Kesadaran Dalam Upaya Kesehatan Masyarakat di Provinsi DKI Jakarta. 8(1), 66–77.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sian Lizard Revly, Marten Kimbal, dan M. L. (2017). Efektivitas Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Kelurahan Paal Dua Kecamatan Paal Dua Kota Manado. Jurnal Eksekutif, 2(2).

Sumantri, I., Pikri, F., & Lubis, M. A. (2018). Efektivitas Program Rehabilitasi Sosial Terhadap Gelandangan Dan Pengemis Di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Cisarua. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/jpan.v10i1.7622

Suriadi, G., Tripalupi, L. E., & Sujana, I. N. (2019). Efektivitas Program Bantuan Pemerintah Pada. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2).

Zikrullah, Nuringwahyu, S., & Hardati, R. N. (2020). Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Terhadap Pengembangan UMKM ( Studi Kasus Pada CSR PT . Amman Mineral Nusa Tenggara). Jiagabi, 9(2), 454–465.

Regulasi Pemerintah

Direktorat Jendral pendidikan Tinggi. (2020). Program Pemberian kuota Internet bagi Mahasiswa dan Dosen. 021, 6.

Kemdikbud. (2020). Surat Ederan Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 126(021), 1–2.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Buku saku Program Bantuan Kuota belajar dosen, Guru dan Peserta didik.

Keppres. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Keputusan Presiden, 2019(February 2019), 1–13.

Surat Edaran Rektor Uhamka. (2020). Surat Edaran Rektor Pemutahiran data mahasiswa guna bantuan kuota Internet dari kemendibkud. Uhamka.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id