Merespon Tantangan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Melalui Model Sustainable Organization
Abstract
ABSTRAK
Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka menjadi sarana untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia usaha dan dunia industri serta meningkatkan kompetensi mahasiswa menjadi SDM unggul. Perlu adanya kesiapan dari berbagai pihak di dalam Perguruan Tinggi khususnya untuk mempersiapkan dosen sebagai penggerak dalam mengimplementasikannya agar program ini memiliki keberlanjutan. Tujuan penelitian ini untuk memahami kondisi nyata di lapangan dalam pengimplementasian Program MBKM yang dialami oleh SDM di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Perhatian dari pimpinan universitas memastikan dosen mendapatkan fasilitas, motivasi intrinsik dan ekstrinsik menjadi kunci untuk meningkatkan partisipasi dosen dalam jangka panjang dan meningkatkan employee engagement pada pelaksanaan progam ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif dengan memaparkan bagaimana proses dari Program MBKM berjalan dan menjelaskan apa yang dialami oleh SDM di lingkungan UAJY. Untuk menganalisis kondisi tersebut maka penelitian ini menggunakan Model of Sustainable Organization yang dikemukakan oleh Grecu & Ipiña (2015). Sampel yang digunakan adalah dosen, mahasiswa, dan mitra yang terlibat langsung dalam implementasi program MBKM, dan data primer yang digunakan berupa hasil focus group discussion. Melalui penelitian ini ditemukan beberapa evaluasi atas kesiapan UAJY dalam Implementasi Program MBKM. Hasil evaluasi tersebut menjadi dasar perbaikan terus menerus untuk memastikan Implementasi Program MBKM lebih baik di masa mendatang.
Kata Kunci : Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Employee Engagement, Partisipasi, Sustainable Organization, Kualitatif Deskriptif
ABSTRACT
Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program is a means to bring students closer to the business and industry, improving student competencies to become superior human resources. Various parties inside university, need to prepare lecturers as drivers to implement this program to become sustainable. The purpose of this study is to understand the real conditions in implementing MBKM Program experienced by HR at Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). The attention from university leaders to ensure lecturers receive facilities, intrinsic and extrinsic motivation is the key to increase long term participation and employee engagement in the implementation of this program. This study uses a qualitative descriptive analysis approach by explaining how the process of the MBKM program runs and explaining what is experienced by HR in the UAJY environment. To analyze these conditions, this study uses the Model of Sustainable Organization proposed by Grecu & Ipiña (2015). The sample used is lecturers, students, and partners who are directly involved in the implementation of the MBKM program, and the primary data used is the results of focus group discussions. Through this research, several evaluations were found on the readiness of UAJY in the Implementation of the MBKM Program. The evaluation results are the basis for continuous improvement to ensure better implementation of the MBKM Program in the future.
Keywords: Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Employee Engagement, Participation, Sustainable Organization, Descriptive Qualitative
References
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Baumgartner, R. J., & Rauter, R. (2017). Strategic perspectives of corporate sustainability management to develop a sustainable organization. Journal of Cleaner Production, 140, 81–92. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2016.04.146
Grecu, V. (2015). The Global Sustainability Index: An Instrument For Assessing The Progress Towards The Sustainable Organization. ACTA Universitatis Cibiniensis, 67(1), 215–220. https://doi.org/10.1515/aucts-2015-0093
Grecu, V., Ciobotea, R. I. G., & Florea, A. (2020). Software application for organizational sustainability performance assessment. Sustainability (Switzerland), 12(11), 7–9. https://doi.org/10.3390/su12114435
Grecu, V., & Ipiña, N. (2015). The Sustainable University – A Model for the Sustainable Organization. Management of Sustainable Development, 6(2), 15–24. https://doi.org/10.1515/msd-2015-0002
Iwhan, A., & Zuhdi, A. (2021). Empowerment Dan Kepercayaan Organisasional Terhadap Kreativitas Pegawai Telkom Divisi. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 432–445.
Kurniawan, N. A., Saputra, R., & Daulay, A. A. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Merdeka Belajar Bagi Calon Konselor. Rosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang “Arah Kurikulum Program Studi Bimbingan Dan Konseling Indonesia Di Era Merdeka Belajar,” 5.
Nofia, N. N. (2020). PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ANALISIS TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM NEGERI DI INDONESIA. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1, 61–72.
Purbadi, D., Harsono, H., & Kristiana, A. (2021). Pengalaman & Harapan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. In CAHAYA ATMA PUSTAKA.
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA FISIP UPN VETERAN JAWA TIMUR. DINAMIKA GOVERNANCE: JURNAL ILMU ADMINISTRASI NEGARA, 11(2), 276–292.
Sitanggang, G. (2021). Pengembangan Metode E-Learning Dalam Mendukung Motivasi Belajar Mahasiswa. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2813
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.
Velazquez, L., Munguia, N., Platt, A., & Taddei, J. (2006). Sustainable university: what can be the matter? Journal of Cleaner Production, 14(9–11), 810–819. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2005.12.008
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.