ANALISIS PERUBAHAN SISTEM KERJA DAN PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PASCA PANDEMI COVID 19

Yeni Widyastuti, Sierfi Rahayu, Tiwi Rizkiyani

Abstract


The work system of the State Civil Apparatus (ASN) during the Covid-19 pandemic underwent many changes and adjustments in the context of providing public services. The government implemented changes to the Work from Office (WFO) work system to Work from Home (WFH) and optimized the use of technology to be able to provide satisfying public services. The role of ASN is to provide services to the community in a professional, responsible and competent manner in dealing with national issues and problems, to act as a unifying force for the nation, to be adaptive and to be able to collaborate with all elements of the nation. The public services provided involve three elements, namely public service delivery organizations, the community as service recipients and success or satisfaction in providing services received by the community. Changes to the work system during and after the pandemic certainly have a positive or negative impact on the professionalism of ASN. The research findings show that changes in the work system have shown a positive impact regarding the use of digital technology in the delivery of public services so that they are more flexible, efficient and transparent, but on the other hand a strict oversight mechanism is needed in order to maintain the integrity of ASN.

 

Abstraksi

Sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama berlangsungnya pandemi Covid-19 mengalami banyak perubahan dan penyesuaian dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah memberlakukan perubahan sistem kerja Work from Office (WFO) menjadi Work from Home (WFH) serta mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk dapat memberikan pelayanan publik yang memuaskan. Peran ASN adalah wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan professional, bertanggungjawab dan kompeten dalam menangani isu dan masalah bangsa, berperan sebagai pemersatu bangsa, adaptif dan mampu berkolaborasi dengan segenap elemen bangsa. Pelayanan publik yang diberikan melibatkan tiga unsur yaitu organisasi penyelenggara pelayanan publik, masyarakat sebagai penerima pelayanan dan keberhasilan atau kepuasan dalam pemberian pelayanan yang diterima oleh masyarakat. Perubahan sistem kerja selama dan paska pandemi tentunya memiliki dampak positif mauun negatif terhadap profesionalisme ASN. Temuan penelitian menunjukkan perubahan sistem kerja menunjukkan dampak yang positif terkait penggunaan teknologi digital dalam penyelenggaraan pelayanan publik sehingga lebih fleksibel, efisien dan transparan, namun di sisi lain diperlukan mekanisme pengawasan ketat dalam rangka menjaga integritas ASN.


References


Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)

BKN.go.id. (2022). Analisa Efektifitas Kerja dengan Skema Work from Anywhere (WFA) Sebagai Sistem Kerja Berbasis Digital.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Keputusan Presiden No. 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional

Surat Edaran Menpan RB Nomor 58 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN dalam Tatanan Normal Baru

Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 01 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 29 Tahun 2022 tenntang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Telp : +6281908756400