INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI TEKNOLOGI DIGITALISASI DI KABUPATEN BANYUMAS

Denok Kurniasih

Abstract


This research examines”public service Innovation through digitalizatio tecnology in Banyumas Regency”. Implementation of service inovationin the dindukcapil Banyumas Regency in the from of online service related to population administration which can be accessed by the people of Banyumas regency through the website gratiskabeh,banyumaskab.go.id. service through the website certainly changes the service system that can be accesed online. However, after the implementation of online services, now people can easily accessservice through a website which of course can be accessed using a smartphone. The method used is qualitative with descriptive technique. The results of this study idicate, based on descriptive analysis, it can concluded that the quality of innovation in E-Government service in population administration service at the population aand civil registration office of BanyumasRegency is good, seen from the dimensions of optimal efficiency, optimal dimensions of truts, realibitily dimensions And optimal dimensions of citizen support that are able to have a positive impact on fulfilling interest through public services based on digitalization tecnology.. Keywords: Innovation, Service, Digitalization Tecnology.

ABSTRAKSI

Penelitian ini mengkaji mengenai “Inovasi pelayanan publik melalui teknologi digitalisasi di Kabupaten Banyumas”. Pelaksanaan inovasi pelayanan di Dindukcapil Kabupaten Banyumas berupa pelayanan online terkait administrasi kependudukan yang dapat diakses oleh masyarakat Kabupaten Banyumas melalui website gratiskabeh.banyumaskab.go.id. Pelayanan melalui website tentunya mengubah sistem pelayanan yang dapat diakses seacra online. Namun setelah diberlakukannya pelayanan online, kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses pelayanan melalui website yang tentunya bisa diakses menggunakan smartphone. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan, berdasarkan analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa Kualitas inovasi Layanan E-Government Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas baik, dilihat dari dimensi efisiensi yang optimal, dimensi kepercayaan (trust) yang optimal, dimensi keandalan (reliability) yang optimal dan dimensi dukungan warga (citizen support) yang optimal yang mampu memeberikan dampak yang positif dalam pemenuhan kepentingan melalui pelayanan publik yang berbasis pada teknologi digitalisasi.  Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, teknologi Digitalisasi.


References


Creswell, John (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, Agus. (2015). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Mulyawan, Rahman. (2016). Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Bandung: Unpad Press.

Sellang, Kamaruddin, Jamaluddin, dan Ahmad Mustanir. (2019). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Jawa Timur: Qiara Media.

Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Muwujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Yusuf, Ahmad Mukhlis. (2018). Revolusi Pelayanan Publik Praktik Revolusi Mental dalam Pelayanan Publik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pranalia, Dewi Ayu. (2015). Manajemen Electronic Governement Dalam Pelayanan Publik Pada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Brawijaya: Magister Ilmu Administrasi Publik Vol. 4, No. 2.

Putra, Handika. Pramana, Noverman Duadji, dan Eko Budi Sulistio. (2020 ). Penerapan Teknologi Industri 4.0 Dalam Pelayanan Publik Di Bidang Administrasi Kependudukan (Studi Pelayanan Kartu Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan). Universitas Lampung. Vol. 2

Puspitasari, Nih Luh Putuh dan I Komang Gede Bendesa. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. Universitas Undayana. Vol. 5

Puspawati, Ani Agus. (2016). Penerapan New Public Management (NPM) Di Indonesia (Reformasi Birokrasi, Desentralisasi, Kerjasama Pemerintah dan Swasta Dalam Meningkatkan Pelayanaan Publik). Universitas Lampung: PUBLISA Vol 01, No. 01

Sari, Luh. Ratna. dan I Nyoman Mangku Suryana. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jembrana. SINTESA: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Warmadewa. Vol. 10

Weerakkody, Vishanth. (2015). E-Government Implementation: A Bird’s Eye View Of Issues Relating To Costs, Opportunities, Benefits And Risks. International, 14, 889–915.

Zamzami, Fajrizal, dan Muhammad Arief Hasan. (2017). Efficiency of Public Service in Pekanbaru City With E-Government. IOP Publishing.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id