Efektivitas Aplikasi Lapor Sleman Sebagai Layanan Pengaduan Online (Effectiveness of the Lapor Sleman Application as an Online Complaint Service)

Nur Rizka Riyana, Erni Saharuddin, Fitriana Pujiastuti, Ray Roshan, Hanif Mahmud Abdullah

Abstract


Abstrak

Efektivitas merupakan suatu pencapaian dengan tepat sasaran sebagai hasil dari usaha yang dilakukan secara sadar sebagai bentuk sebab-akibat yang telah dikehendaki sebelumnya yang bertujuan menggapai sesuatu yang ditentukan. Aplikasi Lapor Sleman adalah suatu layanan pengaduan yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi mereka mengenai permasalahan yang ada di Kabupaten Sleman. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif ini menghasilkan penjelasan yang terinci dalam deskriptif kata-kata. Secara keseluruhan, deskriptif menggunakan kata-kata dan bahasa, serta berbagai metode ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Lapor Sleman sudah cukup efektif menangani aduan masyarakat. Namun, pada aplikasi Lapor Sleman ini masih terdapat beberapa kendala yang berupa aplikasi tidak bisa diinstal di smartphone tertentu, masih banyak fitur yang tidak berfungsi dengan baik, dll. Sehingga masih diperlukan beberapa perbaikan terhadap aplikasi Lapor Sleman agar kedepannya dapat berjalan lebih optimal dalam menangani aduan masyarakat. Dilakukannya penelitian tersebut agar memahami efektivitas dari penciptaan Aplikasi Lapor Sleman sebagai sarana aduan secara online dibuat para pemerintah terkait di Kabupaten Sleman.

 

Abstract

Effectiveness is an achievement with the right target as a result of conscious effort as a form of pre-desired cause and effect aimed at achieving something determined. The Sleman Report application is a complaint service created to make it easier for the public to express their aspirations regarding problems in Sleman Regency. The qualitative method is the method used in this research. This qualitative method produces detailed explanations in descriptive words. Overall, descriptive uses words and language, as well as various scientific methods. The results of this research are that the Lapor Sleman application is quite effective in handling public complaints. However, with the Lapor Sleman application there are still several problems in the form of the application not being able to be installed on certain smartphones, there are still many features that are not functioning properly, etc. So some improvements are still needed to the Sleman Report application so that in the future it can run more optimally in handling public complaints. This research was carried out in order to understand the effectiveness of the creation of the Sleman Report Application as a means of online complaints made by the relevant governments in Sleman Regency.

 


References


Admin UPT Jurnal. (2023). Teknik Analisis Data: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya. Diakses pada 8 Januari 2024 dari https://uptjurnal.umsu.ac.id/teknik-analisis-data-pengertian-jenis-dan-caramemilihnya/

Aprylianti, Ike& Ari Retno Purwanti. (2022). Dampak Aplikasi Lapor Sleman Terhadap Penyaluran Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kabupaten Sleman Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. 1(1). Hal 164-171. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=lapor+sleman&btnG=#d=gs_qabs&t=1719416631838&u=%23p%3DUTAQrOV2IQYJ

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. (2021). Monev Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! dan Lapor Sleman Triwulan IV. Diakses pada 23 Januari 2025, dari https://kominfo.slemankab.go.id/monev-pengelolaan-pengaduan-sp4n-lapor-dan-lapor-sleman-triwulan-iv/

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. (2022). Kominfo Sleman Gelar Bimtek SP4N-LAPOR! Bagi Admin Pengelola Aduan Se-Kabupaten Sleman. Diakses pada 23 Januari 2025, dari https://kominfo.slemankab.go.id/kominfo-sleman-gelar-bimtek-sp4n-lapor-bagi-admin-pengelola-aduan-se-kabupaten-sleman/

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. (2022). Monev Lapor Sleman dan SP4N-LAPOR! Sebagai Wadah Pererat Silaturahmi Antar Operator. Diakses pada 23 Januari 2025, dari https://kominfo.slemankab.go.id/monev-lapor-sleman-dan-sp4n-lapor-sebagai-wadah-pererat-silaturahmi-antar-operator/

Fatchuriza, M; Prasojo, T.A. (2021). Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis Egovernment Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal. 6(1) 46-48. Universitas Selamat Sri. https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/Asy/article/view/4333

Fiantika, F.R., dkk. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Padang, Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yXpmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+penelitian+kualitatif&ots=gDWpybC2O7&sig=RvC2Gyj1iOR0VucHqBJkzO5vFrc&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20penelitian%20kualitatif&f=false

Hapsari, A. N & Rachmawati, R. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Lapor Sleman Sebagai Pelayanan Pengaduan Di Kabupaten Sleman. Jurnal Bumi Indonesia. Hal 2. https://www.neliti.com/id/publications/228902/pemanfaatan-aplikasi-laporsleman-sebagai-pelayanan-pengaduan-di-kabupaten-slema

Hasibuan, A.T., dkk. (2022). Konsep dan Karateristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2) Hal 8690. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3730

Ilyas, M.Z. (2021). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi Disatuan Penyelenggara Administrasi Kepolisian Resort Kota Besar Makassar. Universitas Hasanuddin. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3708/

Kominfo Sleman. Lapor Sleman, smart regency. Diakses tanggal 29 Mei 2024 dari https://play.google.com/store/apps/details?id=id.sleman.sorot.www

Parinata, D. & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, Vol 3(2), 94-99. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/2170

Qotrun, A. (2021). Apa Itu Observasi? Berikut Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya. Diakses pada 8 Januari 2024 dari https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-observasi/

Restiane, F., dkk. (2020). Efektifitas Penerapan Aplikasi Lapor Sleman Dalam Mewujudkan Sleman Smart Regency. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE). 6(1). Hal 1-11. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aplikasi+lapor+sleman&btnG=#d=gs_qabs&t=1719214829220&u=%23p%3DH37StimU5lcJ

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 91-94. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rizky Fitriyansyah, Aries Djaenuri, & Mansyur. (2020). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Aceh. Visioner : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia. 12(4). 687-688. https://doi.org/10.54783/jv.v12i4.329

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=YY9LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=teknik+analisis+data+kualitatif&ots=gAwa8O06Mk&sig=_zQFAkuCy7G7ho6x5hF80ThpSAE&redir_esc=y#v=onepage&q=teknik%20analisis%20data%20kualitatif&f=false

Suri, A.I., dkk. (2022). Efektivitas Layanan Pengaduan Terpusat (Studi Tentang Layanan Pengaduan SP4N Lapor! Kota Metro). Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik. 4(1), Hal 34-36. Universitas Lampung. https://doi.org/10.23960/administrativa.v4i1.113


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id