KOLABORASI PELAKSANAAN PROGRAM LINK AND MATCH ANTARA POLITEKNIK INDUSTRI PETROKIMIA BANTEN DENGAN INDUSTRI PETROKIMIA
Abstract
Dalam rangka menghadapi Revolusi Industri dan persaingan industri global, Indonesia telah menyiapkan roadmap Making Indonesia 4.0. Sebagai upaya mendukung Industri 4.0, pemerintah mengutamakan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian telah memprioritaskan pendidikan vokasi dengan penerapan Dual System, melalui kebijakan Link and Match yang menghubungkan pendidikan dengan industri. Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan kurikulum Dual System sejak awal pendiriannya. Dengan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan lembaga pendidikan, Politeknik ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di sektor industri petrokimia. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan program Link and Match yang diimplementasikan melalui kurikulum Dual System, yang bertujuan untuk menjembatani ketidaksesuaian keterampilan lulusan dengan kebutuhan industri. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif. Penelitian yang dilakukan di Politeknik Industri Petrokimia Banten ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara pemerintah, industri, dan pendidikan dalam pelaksanaan program Link and Match, serta mengidentifikasi peran tiap aktor dalam mendukung peningkatan kualitas lulusan.
References
Astuti, I. I. (2024). Subsidi Pembelian Motor Listrik Roda Dua Dalam Upaya Meningkatkan Daya Beli Masyarakat. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 656–662. https://doi.org/10.14710/dialogue.v6i1.20543
Astuti, I. I., & Stiawati, T. (2023). Kebijakan Making Indonesia 4.0 dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompeten. JIMMA: Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 13(2), 118–126.
Badan Pusat Statistik. (2023). Booklet Survey Sakernas Agustus 2023 (Issue 8). https://doi.org/2303014
Dewan Perwakilan Rakyat. (2013). Hubungan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran di Indonesia. Biro Analisa Anggaran Dan Pelaksanaan APBN – SETJEN DPR‐RI, 43–48. https://www.dpr.go.id/doksetjen/dokumen/apbn_Pertumbuhan_Ekonomi_dan_Pengangguran20130611103432.pdf
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965
Gumay, F. M., Distrik, I. W., Suyatna, A., & Azizah, M. (2024). Development of the Link and Match Learning Program through the Application of the Dual-System Method to Support the Industrial Revolution 4.0 in Sinergy with Freedom to Learn. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 5789–5797. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.7337
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Making Indonesia 4.0: Strategi RI Masuki Revolusi Industri Ke-4. Kemenperin.Go.Id. https://kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4
Koh, L., Orzes, G., & Jia, F. (2019). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): Technologies Disruption on Operations and Supply Chain Management. International Journal of Operations and Production Management, 39(6), 817–828. https://doi.org/10.1108/IJOPM-08-2019-788
Lu, R., & Jacobs, F. (2022). An Innovative Teaching Model: Involvement of Industry Practitioners in the Teaching of Construction Management Curriculum. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings.
Mubyarto, M. M., & Sohibien, G. P. D. (2019). Determinan Daya Saing Sektor manufaktur Unggulan Menuju Program Making Indonesia 4.0. Seminar Nasional Official Statistics, 1, 710–719. https://prosiding.stis.ac.id/index.php/semnasoffstat/article/view/56/79
Nola, F. L. (2024). Upaya Mengatasi Tingginya Pengangguran Lulusan SMK. In Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI.
O’Flynn, J. (2008). Elusive Appeal or Aspirational Ideal? The Rhetoric and Reality of the “Ccollaborative Turn” in Public Policy. Collaborative Governance, August. https://doi.org/10.22459/cg.12.2008.17
Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Perindustrian (2020).
Prabowo, A. E., Wahjoedi, Utomo, S. H., & Haryono, A. (2021). Evaluation of Link and Match Policies in Private Universities in Indonesia in Terms of the Workplace of Graduates. Journal of Higher Education Theory and Practice, 21(15), 137–146. https://doi.org/10.33423/jhetp.v21i15.4896
Pradana, M. G. A. (2020). Pola Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan Piri 1 Yogyakarta Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri.
Precalya, H. M., & Darwan. (2021). LINK & MATCH PENDIDIKAN SEBAGAI IDEOLOGI NEOLIBERALISME (Analisis Wacana Tentang Dominasi Elit Dalam Pendidikan Kejuruan Di Indonesia). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1416–1425. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2561
Rencana Strategis Program Pembangunan Sumber Daya Manusia Industri 2020-2024, 1 (2021).
Suharman, & Murti, H. W. (2019). Kajian Industri 4.0 Untuk Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik. Politeknik APP Jakarta, 3(1), 01–13. https://doi.org/10.30988/jmil.v3i1.59
Sunarni, T., Husaini, A., & Pratama, Y. D. (2021). T.Sunarni,a.Husaini,Y.Pratama. SAINTEK : Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi Industri, 1(1), 44–60.
Wahyuni, A. (2019). Pelaksanaan teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Desain Interior dan Teknik Furniture SMK Negeri 2 Pengasih. In ePrints@UNY Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wati, C. N., Sukestiyarno, Y. L., Sugiharto, D. Y. P., & Pramono, S. E. (2022). Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 202–208.
Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi Kejuruan Srategi dan Revitalisasi Abad 21 (M. Darmiati (ed.)). KMedia.
Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Grounded Theory. 8(January), 274–282.
Adha, Syaiful. 2024. Radar Banten. Banten Peringkat Pertama Pengangguran Tertinggi se-Indonesia. Diakses pada situs https://www.radarbanten.co.id/2024/10/02/banten-peringkat-pertama-pengangguran-tertinggi-se-indonesia/. Pada tanggal 22 Oktober 2024
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri. 2018. Pendidikan Vokasi Industri Berbasis Dual System. Dilansir pada situs https://bpsdmi.kemenperin.go.id/program/vokasi-dual-sistem
Bada Pusat Statistik. 2024. Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Februari 2024. Dilansir pada situs https://www.bps.go.id/id/publication/2024/06/07/112a10c79b8cfa70eec9f6f3/keadaan-angkatan-kerja-di-indonesia-februari-2024.html
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (n.d.). Making Indonesia 4.0. 1–8.
Kementerian Perindustrian. 2022. Kemenperin Gandeng Industri Terapkan Pendidikan Vokasi Model Sistem Ganda. 2022. Dilansir pada situs https://kemenperin.go.id/artikel/23685/Kemenperin-Gandeng-Industri-Terapkan-Pendidikan-Vokasi-Model-Sistem-GandaRidwan. 2019.
Portal Berita Industri Nomor 1 di Indonesia. 2019. Ciptakan SDM Industri Kompeten, Kemenperin Bakal Terapkan Konsep Dual System. Dilansir pada situs https://m.industry.co.id/read/50993/ciptakan-sdm-industri-kompeten-kemenperin-bakal-terapkan-konsep-dual-system
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.