INOVASI METODE PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SAHAJA ONLINE DI KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Inovasi pelayanan publik merupakan hasil dari tuntutan kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang efektif dan efisien. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri dengan meluncurkan aplikasi pelayan berbasis android yaitu Sahaja Online. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi oleh Everett M.Rogers yaitu relative advantages, compability, complexity, trainability, dan observability. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan penentuan pemilihan informan melalui kriteria oleh Sugiyono. Teknik analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana melalui kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi Sahaja Online berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya keuntungan yang banyak dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kediri berupa efisiensi biaya dan tenaga, efektifitas waktu serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, namun pada inovasi ini masih ditemukan beberapa kendala.
References
Anggraeni N, P. H. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Studi Kasus Pada Aplikasi Sapa Cetar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9. https://doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.2009-2014
Duhita, A. S. (2018). Inovasi Produk E-Lampid dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Eprilianto, D. F. (2023). Inovasi Aplikasi Satu Hari Jadi (Sahaja) Online Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. Publika, 2533-2546.
Helpiastuti, S. B., Suharsono, A., & El Yusnada, A. N. (2023). Implementation of Administrative Service Innovation: Complete Service in the Sub-district. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i5.13004
Leksmana, A. R. F. D., Hadi, K., & Nurjaman, A. (2020). Inovasi Pelayanan Publik melalui penerapan Sistem Elektronik Surat Keterangan (E-SUKET) di Kota Kediri. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 106-112.
Melinda, M., Syamsurizaldi, S., & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nur, T., Chindy, H. ;, & Yanartin, F. (n.d.). Volume 2 Nomor 2 Oktober 2020 Journal of Public Administration and Government Tipologi Inovasi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta A R T I K E L I N F O. https://doi.org/10.22487/jpag.v2i
Pusat, T., & Pemerintahan, I. T. (2014). Handbook Inovasi Administrasi Negara
Lembaga Administrasi Negara (Pusat Intan-Dian-Lan) (1 ed.). Pusat INTANDIAN-LAN. www.inovasi.lan.go.id
Saldana., M. & H. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194-211.
Soraya, T., & Astuti, P. (2019). Inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara online di kabupaten pati. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 61-70.
Studi Ilmu Komunikasi, P. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. In Jurnal Professional FIS UNIVED (Vol. 7, Issue 2).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.