EFEKTIFITAS APLIKASI TANGGAP KARAWANG (TANGKAR) SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN ONLINE MASYARAKAT KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Penelitian ini membahas efektivitas aplikasi Tanggap Karawang Sebagai Layanan Pengaduan Online Masyarakat Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas aplikasi Tanggap Karawang sebagai Layanan Pengaduan Online Masyarakat Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan teori De Lone dan Mc Lean dengan enam indikator yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, intensi pengguna, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pengguna aplikasi Tanggap Karawang (TANGKAR) di Kabupaten Karawang sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan melalui pengujian statistik menggunakan program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi Tanggap Karawang (TANGKAR) memiliki hasil yang efektif dengan persentase efektivitas sebesar 79,6%. Hal ini berdasarkan rata-rata hasil analisis indikator olahan data yang meliputi indikator kualitas sistem dengan memperoleh efektivitas sebesar 76,24%. Indikator kualitas informasi yang memperoleh jawaban nilai efektivitas sebesar 75,36%. Indikator kualitas layanan yang menyatakan perolehan persentase jawaban sebesar 79,56%. Selanjutnya indikator intensi pengguna yang memilki persentase efektivitas sebesar 84,40%. Indikator kepuasan pengguna memperoleh efektivitas sebesar 83,20% dan indikator manfaat bersih dengan perolehan persentase jawaban sebesar 82,85%.
References
Chabibi, M. (2023). Media Elektronik dan Good Governance dalam Sistem Pemerintahan Nasional. Jurnal Al-Tsiqoh (Ekonomi Dan Dakwah Islam), 8(2), 38–49.
Choiriyah, I. U. (2020). Penerapan E-Government Melalui M-Bonk di Kabupaten Sidoarjo. PUBLISIA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 126–135.
DeLone W H and E R McLean (1992) Information system success: the quest for the dependent variable Information System Research Data Base for Advances in Information Systems ABI/INFORM global vol 3 pp 60-95
Hertati, D. (2020). Model Implementasi sistem informasi pemerintahan desa berbasis web bagi pemerintahaN desa di Kabupaten Sidoarjo. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v10i1.2049
Hiebert, J., Cai, J., Hwang, S., Morris, A. K., & Hohensee, C. (2023). How Do You Formulate (Important) Hypotheses? https://doi.org/10.1007/978-3-031-19078-0_2
In’am, A., Rudian, M. I. A., & Apriyadi, B. D. (2023). Model dan Pendekatan Keefektifan Organisasi. Cermin Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 2(2), 1–7.
Irawan, B. (n.d.). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma, 2(1), 174–201.
Lumansik, D. P., Lengkong, F. D. J., & Plangiten, N. (2019). Efektivitas Sistem Birokrasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 5(84), 8–16.
Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22
Mariano, S. (2021). Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Unair Surabaya, 7(2), 508–528. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893
Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Bandung: CV. Indra Prahasta. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Monintja, D. K. (2023). Aktualisasi Sistem Pelayanan Berbasis Online dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Utara. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 13(03), 87–96.
Monintja, D., & Nayoan, E. (2023). Implementasi Kebijakan Cerdas Command Center Dalam Mewujudkan Visi “Kota Manado Cerdas 2021.” Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 13(03), 39–44.
Mursyidah, L., & Choriyah, I. U. (2020). Buku Ajar. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nur Azizah, R., Luaylik, N. F., & Saputri, E. (2024). Pamekasan, UMKM Digital pada Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program East Java Super Corridor (EJSC) di BAKORWIL IV. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 14(01), 31–36.
Pangemanan, S. E., Lengkong, F. D. J., Pangemanan, F. N., & Londa, J. W. (2024). Penerapan E-Government dalam Layanan Administrasi Kependudukan di Pemerintah Kota Manado. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi NegaraIlmu Administrasi Negara, 13(04), 105–112. Retrieved from http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/1198
Prastiwi, M. A., & Jumino, J. (2018). Efektivitas Aplikasi Ipusnas sebagai Sarana Temu Balik Informasi Elektronik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 231–240. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22966
Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2214
Sobandi, A., Adman, A., & Suryadi, E. (2020). Effectiveness Of Archive Management by Digitizing Documents. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 91–98. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.23649
Sonia, & Ikhsan. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Salak di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Nagan Raya. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi NegaraIlmu Administrasi Negara, 12(03), 325–334. Retrieved from http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/1198
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syahronny, M., Ibnu Rochim, A., & Murti, I. (2024). Analisis Penerapan E-Government pada Aplikasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) di Desa Prambon Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(06), 1–23.
Vanderstoep, S. W., & Johnston, D. D. (2009). Research Methods for Everday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches.
Wiranata, R. A., & Kristhy, M. E. (2022). Undang-
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.