PENDUGAAN KORELASIONAL ANTARA FAKTOR PEMBENTUK EFEKTIVITAS PEMASARAN ONLINE DENGAN FREKUENSI PEMBELIAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS WEBSITE DI SURABAYA

Wahyu Santoso

Abstract


Era millennial saat ini telah menuntut masyarakat untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang lebih baik agar tidak hanya menjadi follower yang tertinggal kemajuan teknologi termasuk transaksi produk barang dan jasa melalui internet. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan antara faktor pembentuk efektivitas pemasaran dengan frekuensi pembelian pupuk organik cair Alat statistik yang digunakan untuk mengukur asosiasi antar variabel Chi-Square dengan bantuan software IBM SPSS ver. 22. Hasil penelitian adalah faktor biaya akses internet dan target pasar memiliki hubungan dengan frekuensi pembelian pupuk organik cair secara online, sedang temuan lain mengungkapkan tidak terdapat hubungan antara efisiensi waktu akses internet dengan frekuensi pembelian padahal prinsip waktu adalah uang merupakan prinsip yang peru diperhatikan dalam proses pemasaran.

 

DOI  https://doi.org/10.33005/adv.v7i1.1129


References


Akinyi, Arvinlucy Onditi. (2012). An evaluation of promotional elements influencing sales of an organization : a case study of agriculture and non-agriculture products among women groups, Homa Bay district, Kenya. Kenya : Maseno University.

Battelle, John. (2007). The Search. bagaimana google dan para pesaingnya mengubah aturan bisnis dan kebudayaan kita. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Behera, B. S., Babita P., Rudra A. B., Narayan N., Anama C. B., S. Jena, (2015). Information communication technology promoting retail marketing in agriculture sector in India as a study. Procedia Computer Science, 48 : 652 – 659.

Berthon, P.R., Leyland F. P., Kirk Plangger, Daniel S., (2012). Marketing meets Web 2.0, social media, and creative consumers: implications for international marketing strategy. Business Horizons, 55, 261—271.

Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik Terapan untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Chang, H., Just, D.R., (2009). Internet access and farm household income–Empirical evidence using a semi-parametric assessment in Taiwan. J. Agric. Econ. 60 (2), 348–366.

Cooper dan Emory. (1996). Metode penelitian bisnis, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fecke, Wilm., Michael Danne, Oliver Musshoff., (2018). E-commerce in agriculture – The case of crop protection product purchasesnin a discrete choice experiment. Computers and Electronics in Agriculture 151, 126–135.

Fransiska, Yessie, Febri Andhika, Masca Indra dan Renni Anggraini. (2012). Determining the most effective promotion strategy for clothing company in Bandung Indonesia. Bandung : Institute Technology of Bandung.

Henderson, Jason, Frank D., dan Jay Akridge. (2000). Adoption of E-Commerce Strategies for agribusiness firms. http://ageconsearch.umn.edu/ bitstream/21771/1/sp00he02.pdf.

Jamaluddin, N., (2013). Adoption of e-commerce practices among the indian farmers, a survey of Trichy District in the State of Tamilnadu, India. Procedia Economics and Finance 7 : 140 – 149.

Kannan, P.K., Hongshuang “Alice” Li., (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing 34 : 22–45.

Kotler, Philip. Keller. (2006). Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi. Kesepuluh. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.

Reimer, Kerstin., Oliver J. Rutz, Koen Pauwels., (2014). How online consumer segments differ in long-term marketing effectiveness. Journal of Interactive Marketing 28 : 271–284.

Sulistiani, Heni., (2018). Pengukuran efektivitas strategi pemasaran secara online. http://www.academia.edu/29440534/Pengukuran_Efektivitas_Strategi_Pemasaran_Secara_Online.docx.

Sharma, Arun, Jagdish N. Sheth., (2004). Web-Based Marketing the coming revolution in marketing thought and strategy. Journal of Business Research 57 : 696– 702.

Swastha, Basu., (2010). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Teo, Thompson S.H., (2005). Usage and effectiveness of online marketing tools among Business-to-Consumer (B2C) firms in Singapore. International Journal of Information Management 25 : 203–213.

Zhang, Wei, Jingdong Chen, Wei Han. (2010). The Internet Marketing Strategies Theory and Empirical Research Based on Product Value. China : School of Economics and Management, Xi'an University of Technology.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats