ANALISIS FUNGSI HARGA HEDONIK PADA BERAS ORGANIK DI KABUPATEN SRAGEN PROPINSI JAWA TENGAH
Abstract
Dalam prakteknya, para pedagang menentukan harga beras berdasarkan karakteristiknya. Produk pertanian organik termasuk beras, merupakan produk yang dalam praktek pertanian berada dibawah standar, tetapi sering memberikan kinerja buruk. Produk pertanian organik memiliki citra yang lebih baik bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pada harga beras organik. Penelitian ini menggunakan 62 orang sebagai sampel dari konsumen beras organik. Analisis harga hedonik dilakukan dengan model regresi semilog. Karakteristik beras organik diukur dengan menggunakan dimensi subyektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa beras kepala, tekstur, dan manisnya memberikan efek positif pada harga beras organik, sedangkan kandungan kapur dari biji-bijian memberikan efek negatif. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan dimensi kualitas obyektif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.