ANALISIS FUNGSI HARGA HEDONIK PADA BERAS ORGANIK DI KABUPATEN SRAGEN PROPINSI JAWA TENGAH

Widodo Widodo, Dwidjono Hadi Darwanto, Jangkung Handoyo Mulyo, Jamhari Jamhari

Abstract


Dalam prakteknya, para pedagang menentukan harga beras berdasarkan karakteristiknya. Produk pertanian organik termasuk beras, merupakan produk yang dalam praktek pertanian berada dibawah standar, tetapi sering memberikan kinerja buruk. Produk pertanian organik memiliki citra yang lebih baik bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pada harga beras organik. Penelitian ini menggunakan 62 orang sebagai sampel dari konsumen beras organik. Analisis harga hedonik dilakukan dengan model regresi semilog. Karakteristik beras organik diukur dengan menggunakan dimensi subyektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa beras kepala, tekstur, dan manisnya memberikan efek positif pada harga beras organik, sedangkan kandungan kapur dari biji-bijian memberikan efek negatif. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan dimensi kualitas obyektif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats