DAYA SAING : KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SERTA KELAYAKAN AGRIBISNIS BAWANG MERAH

Syarif Imam Hidayat, Dody Tri Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitiaan ini adalah untuk (a) menganalisis daya saing, yaitu keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif komoditas bawang merah, (b) menganalisis kelayakan ekonomi agribisnis bawang merah. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Rajun Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep dengan pertimbangan Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah produksi bawang merah varietas Sumenep dengan produktivitas yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dua sumber data yakni data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan pertama dengan analisis matrik kebijakan Policy Analysis Matrix (PAM) yang dikembangkan oleh Monke dan Pearson (1989). Sedangkan tujuan kedua dianalisis dengan metode Net Benefit-Cost Ratio (Net B/C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas bawang merah di Kabupaten Sumenep mempunyai daya saing baik dari keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif.  Hal ini dibuktikan dengan nilai DRC sebesar 0,2014 dan nilai PCR sebesar 0,3786. Secara ekonomi usahatani bawang merah di Kabupaten Sumenep layak untuk dikembangkan.  Ini dapat dilihat dari nilai Net B/C sebesar 1,46  sehingga bisnis bawang merah layak dikembangkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats