ANALISIS EFISIENSI DAN DAYA SAING USAHATANI PADI ORGANIK DI KABUPATEN SRAGEN

Wahyu Widayat, Slamet H, Irham Irham, Dwijono HD

Abstract


Kesuburan lahan, keberlanjutan pertanian dan kualitas pangan menjadi tumpuan memalui pertanian padi organik. Pertanian padi organik merupakan poal masukan rendah merupakan salah satu cara mengatasi ketidakberlanjutan usahatani dan degradasi lahan. Penelitian dengan tujuan menganalisis usahatani padi organik baik efisiensi maupun faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi organik.

Pengambilan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Analisis data menggunakan fungsi produksi, frontir dan TER.

Penerimaan dan pendapatan petani padi organik lebih tinggi dibanding petani non organik. Produksi padi petani organik dipengaruhi secara positif oleh luas lahan, jumlah tenaga kerja, jumlah pestisida organik, namun jumlah pupuk organik berpengaruh negatif dan jumlah benih tidak berpengaruh.  Secara teknis pertanian padi organik dipengaruhi oleh luas lahan, jumlah tenaga kerja, jumlah benih dan jumlah pestisida organik. Namun harga-harga benih, pupuk organik, tenaga kerja dan harga pestisida organik sudah tidak efisien. Harga FOB padi organik Indonesia memilki daya saing.


References


Haryani, E.S., 2005. Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung Standarisasi dan Akreditasi Pertanian Organik. Makalah Disampaikan dalam Seminar Pertanian Organik. STTP Deptan Yogyakarta pada Tanggal 28 Nopember 2005.

Yanti, R., 2001, Aplikasi Teknologi Pertanian Organik (Penerapan Pertanian Organik oleh Petani Padi Sawah Desa Sukorejo Kabupaten Sragen, Jawa Tengah), Tesis S2 Universitas Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats