Analisis Finansial dan Keberlanjutan Agribisnis Pepaya (Carica Papaya L.) di Desa Ledokombo Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

Qori' Dian Pertiwi, Rudi Hartadi, Mustapit Mustapit

Abstract


Pepaya merupakan salah satu komoditas hortikultura unggulan di Desa Ledokombo. Agribisnis pepaya merupakan salah satu kegiatan yang melekat dan tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat di Desa Ledokombo. Kegiatan agribisnis pepaya di Desa Ledokombo mampu memberikan kontribusi yang cukup besar bagi masyarakat  di desa tersebut. Selain itu kondisi geografis di Desa Ledokombo sangat mendukung dan sangat sesuai bagi usaha budidaya tanaman pepaya sehingga hal ini menunjang bagi berjalannya agribisnis pepaya di desa tersebut. Tujuan dari penelitian : (1) mengetahui pendapatan petani papaya di Desa Ledokombo (2) menilai kelayakan finansial agribisnis papaya di Desa Ledokombo (3) menilai keberlanjutan agribisnis papaya di Desa Ledokombo. Penelitian dilakukan di Desa Ledokombo secara sengaja (purposive method). Metode pengambilan contoh dalam penelitian ini dengan menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 29 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah (1) analisis pendapatan (2) analisis kelayakan finansial (3) analisis keberlanjutan (Rap-papaya). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) agribisnis pepaya di Desa Ledokombo adalah menguntungkan (2) Secara finansial agribisnis pepaya di Desa Ledokombo layak untuk diusahakan karena telah memenuhi kriteria kelayakan finansial yang terdiri dari Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Ratio (PR), dan Payback Period (PP) (3) Keberlanjutan agribisnis pepaya di Desa Ledokombo dapat berlanjut dimana dimensi ekologi berada status cukup berkelanjutan dan dimensi ekonomi,sosial, dan kelembagaan berada pada status sangat berkelanjutan.


References


BPS. 2012. Produksi Buah-Buahan di Indonesia. [serial online]. http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=55¬ab=4. [11 November 2012].

BPS. 2012. Kabupaten Jember dalam Angka. Jember: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember dan BAPPEKAB Pemerintah Kabupaten Jember.

Ibrahim, Yacob. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nazir. 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Suwandari dan Soetriono. 2002. Analisis Manfaat dan Biaya. Jember : Penerbit Fakultas Pertanian Universitas Jember


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats