MOTIVASI KEPALA KELUARGA PETANI MELAKUKAN MIGRASI INTERNASIONAL (Studi Kasus di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar)

Asnah asnah

Abstract


Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, seperti pada umumnya wilayah di Jawa Timur yaitu memiliki penduduk mayoritas sebagai petani atau bekerja di sektor pertanian. Namun demikian yang membedakan karakteristik penduduk di wilayah ini dengan penduduk di wilayah lainnya adalah minat dan kebiasaan sebagian penduduk baik laki-laki, perempuan maupun remaja untuk bermigrasi internasional atau bekerja di luar negeri sebagai TKI. Kondisi tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi perekonomian dan keinginan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga. Perbedaan tingkat upah buruh yang signifikan juga merupakan faktor penarik minat penduduk untuk mewujudkan keinginannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi kepala keluarga petani melakukan migrasi internasional dan menganalisis besarnya kontribusi kiriman luar negeri TKI pada pendapatan keluarga, serta alokasi penggunaan kiriman luar negeri. Penelitian dilakukan dengan metode survey, dengan 46 orang sebagai sampel yang ditentukan secara quota sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis secara diskriptif maupun statistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi terkuat kepala keluarga petani melakukan migrasi internasional adalah untuk memenuhi kebutuhan fisiologi keluarga berupa sandang, pangan, perumahan, pendidikan anak dan tabungan yang bisa disisihkan untuk berjaga-jaga/untuk biaya kesehatan (41,30 %). Besarnya kontribusi kiriman luar negeri pada pendapatan total keluarga petani adalah 88,69% dengan alokasi terbesar untuk investasi bangunan perumahan (renovasi dan membuat rumah baru) sebesar 25%. Hal tersebut senada dengan motivasi para kepala keluarga petani bermigrasi internasional yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan fisiologi.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/adv.v8i1.1681


References


Bellante, D, and Mark, 1983. Labor Economics. Second Edition. Mc Graw Hill Inc. USA

Hasymi, A., 1985. Tenaga Kerja di Sektor Pertanian dan Pasar Kerja di Indonesia, Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Keuangan Indonesia. (33) 1 : 59-74.

Hernanto, Fadholi, 1991. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Kasryno, Faisal, 1984. Perkembangan Penyerapan Tenaga Kerja Pertanian dan Tingkat Upah. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Komaliq, A., 1984. Perkembangan Struktur Kesempatan Kerja di Pedesaan. Rajawali. Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendie. 1998. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats