FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PISANG BERMEREK DAN TANPA MEREK

Herdina Herwina, Eko Nurhadi, Indra Tjahaja Amir

Abstract


Consumer perspective on a product brand is important for the sustainability of products in the market, including banana. In this modern era, many people choose to buy fruit because of their high lifestyle and prestige. Therefore, it is necessary to conduct research to determine the level of consumer loyalty to the buying of branded and unbranded banana and to analyze the factors that influence the buying decision of branded and unbranded banana. The research was conducted in the Puncak Permai Surabaya modern market with 30 sample of branded banana consumer and 30 sample of unbranded banana consumer. The sampling technique uses non-probability sampling, the type of non-probability sampling used is accidental sampling. This research method uses a online questionnaire distributed via instagram and whatsapp. The data analysis used multiple linier regression analysis and consumner loyalty analysis. The results showed that there were 56,3% loyal branded banana consumers and 44% loyal unbranded banana consumers. On other side, the factors that significantly influence of banana buying decision are personal and psychological factors, while the income has a negative effect on the banana buying decision.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/adv.v9i2.2458


References


Anastasia, Resy, W. Roessali, W. D. Prastiwi. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Buah Jambu Air. Semarang: Program Studi Agribisnis Universitas Dipenogoro, Semarang.

Aziz, Abdul. 2015. Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Kota Makassar.

Buchory, A. Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung. CV. Linda Karya

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hidayati, N. 2011. Dukungan Sosial bagi Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. Insan. Vol 13. No. 1 (12-20)

Komaryati dan Adi,S. 2012. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi Teknologi Budidaya Pisang Kepok (Musa paradisiaca) di Desa Sungai Kunyit Laut Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Pontianak. J. Iprekas : 53-61.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler dan A.B. Sutanto. 2007. Manajemen Pemasaran Di Indonesia (Analisis Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian). Jakarta: Penerbit Selemba Empat.

Kotler dan A.B. Sutanto. 2008. Manajemen Pemasaran Di Indonesia (Analisis Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian). Jakarta: Penerbit Selemba Empat.

Kutner, M.H., C.J. Nachtsheim., dan J. Neter. 2004. Applied Linear Regression Models. 4th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Malaihollo, Jonathan. 2007. Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Membeli Produk Air Minum dalam Kemasan. Program Sarjana pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia.

Mandala, Kastawan, Ketut Indah P. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11.

Mellyssa J.R, Wuryaningsih D.S, Suriaty, S. 2013. Sikap dan Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Buah Jeruk Lokal dan Jeruk Impor di Bandar Lampung. JIIIA, Volume 1, No 4, Oktober 2013.

Purwanti, Endang. Daniel T.T Santoso. 2013. Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Among Makarti Vol. 6 No. 12, Desember 2013.

Putra, Bagus Cahyadi H. 2015. Pengaruh Kesadaran, Persepsi, Preferensi, dan Tingkat Pendapatan Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Lokal di Kawasan Pemukiman Jakarta Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peter, P dan Jerry c. Olson. 2000. Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga

Prihantari, E.M, W. Roessali, W.D. Prastiwi. 2018. Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Buah Jeruk Lokal dan Impor di Kabupaten Purworejo. Jurnal Sungkai Vol. 6 No. 1 Februari 2018:17-85.

Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rita. 2018. Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Setianingrum, Yulsika. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perilaku konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pisang ‘Sunpriden. Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Pusat Bahasa Depdiknas. Bandung.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen, Perilaku dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor

Suprayinto Agung, Roehaeni Siti, Purnomowati Rahmi. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian (study kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Oplim). Jakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats