FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH LOKAL PASCA PANDEMI COVID 19

Mila Familiyah, Ambar Susanti, Umar Khasan

Abstract


Selama kurun waktu 5 tahun terakhir, tingkat produktif buah mengalami peningkatan 4.8%. dengan produksi pertahun mencapai 7,9 ton. Namun angka konsumsi masyarakat mengalami penurunan 1,4%, terutama akibat adanya covid 19.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian buah lokal. Penelitian dilakukan di Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang dengan penetapan sampel menggunakan rumus slovin serta analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi linier ganda yang dibentuk signifikat dengan persamaan regresinya Y = 0, 1.571- 0,211X1+0,022X2+0,181X3+0,353X4+0,164X5+-0, 064X6 dan nilai R2 = 0,324.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh besar adalah status pekerjaan, pengetahuan dan budaya, karena semakin tinggi hasil pendapatan semakin tinggi konsumsi buah. Sedangkan variabel motivasi, persepsi dan kepuasan tidak berpengaruh secara signifikan

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i1.3763


References


Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Herwina, H., Nurhadi, E., & Amir, I. T. (2020). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah Pisang Bermerek dan Tanpa Merek The Factors that Influence the Buying Decision of Branded and Unbranded Banana, 9(2), 103–114.

Pattiasina, M., & Tantoly, M. (2019). Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah–Buahan di Pasar Mardika Kota Ambon. Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(3), 298. https://doi.org/10.30598/agrilan.v7i3.957

Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Hermawati, D. T. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Buah Jeruk Di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 19(1), 98–103.

Ridanar, N. P., Handayani, S. M., & Adi, R. K. (2021). Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Buah Pisang (Musa Paradisiaca L.) Di Kecamatan Kota Kabuapten Kudus. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS (Vol. 5, pp. 867–875).

Sugiarto, M. E., Kumaat, R. M., & Pakasi, C. B. D. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Buah Di Freshmart Tikala Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 13(1A), 17. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.1a.2017.14936

Vikaliana, R., Arifin, A. L., Mariam, S., Irwansyah, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Buah Lokal Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4309

Wardika, P. O., Dewi, R. K., & Artini, N. W. P. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan dalam Membeli Buah-buahan Segar di Moena Fresh Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 7(1), 81. https://doi.org/10.24843/jaa.2018.v07.i01.p09


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats