ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MINUMAN TEH MIMICI KOTA BOGOR

Raida Dwiana Yasmin, Amelia Indah Pariansyah, Nurhasanah Nurhasanah, M. Daffa Al Fallah, Syifa Hawasiatul Fikriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen minuman Teh Mimici di Kota Bogor. Penentuan jumlah responden dihitung berdasarkan jumlah indikator dikali 10. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah responden yang sesuai dengan ketentuan adalah 100 responden. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Kemudian isi kuesioner telah di uji menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Analisis kepuasan konsumen berdasarkan aspek produk, harga, tempat, dan pelayanan. Hasil analisis diolah menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) atau Indeks Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap aspek produk didapatkan nilai rata-rata indeks kepuasan konsumen yaitu 0,81 dengan kategori sangat puas, aspek harga didapatkan nilai rata-rata indeks kepuasan konsumen yaitu 0,86 dengan kategori sangat puas, aspek tempat didapatkan nilai rata-rata indeks kepuasan konsumen yaitu 0,78 dengan kategori puas, dan aspek pelayanan didapatkan nilai rata-rata indeks kepuasan konsumen yaitu 0,81 dengan kategori sangat puas. Tingkat kepuasan konsumen di Teh Mimici yang paling tinggi yaitu aspek harga. Harga yang ditawarkan dapat dijangkau oleh konsumen khususnya mahasiswa. Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kualitas produk Teh Mimici.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i1.3867


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats