Analisis Faktor Penyebab Ketidakberhasilan Budidaya Ikan Lele Di Desa Jabaan, Kabupaten Sumenep

Novita Damayanti, Hopid Hopid, Ribut Santoso, Amir Hamzah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan produksi ikan lele di Desa Jabaan Kecamatan Manding serta mengetahui gambaran budidaya ikan lele di Desa Jabaan Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor kegagalan dalam budidaya ikan lele yaitu manusia, bahan, sarana dan prasarana, cara kerja dan lingkungan. Solusi yang tepat untuk diterapkan yaitu (1) manusia: perlu penambahan satu tenaga kerja, perlu mengatur manajemen pemberian pakan dengan sangat baik, perlu mempelajari dan mencari tahu obat alami ikan lele (2) bahan: dibutuhkan benih ikan berkualitas tinggi, dan kerja sama dengan para penjual ikan untuk memperoleh keuntungan, (3) sarana dan prasarana: diperlukan alat ukur kualitas air dan saluran distribusi yang cepat untuk pemasaran, (4) cara kerja atau pelaksanaan: menghindari penggunaan air PDAM yang berdampak buruk pada budidaya ikan lele, (5) lingkungan: memasang atap transparan di atas kolam dan sering mengganti air kolam dengan air yang baru serta membuat kolam penampungan limbah.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i2.4289


References


Abror, Ahmad, Ren Fitriadi, & Mustika Palupi. (2021). Pengembangan Budidaya Ikan Lele Dengan Teknologi Bioflok Sebagai Upaya Mengurangi Kemiskinan Masyarakat Desa Sirau Kec. Kemranjen Kab. Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 4(2).

Komariyah, Siti, Rikie Indra, & Rosmaiti Rosmaiti. (2021). Pengaruh Frekuensi Pemberian Pakan Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Pada Media Budikdamber. Jurnal Kelautan Dan Perikanan Indonesia 1(2):52–59.

Mokolensang, Jeffrie F., & Lusia Manu. (2021). Budidaya Ikan Lele (Clarias Gariepinus) Sistim Bioflok Skala Rumah Tangga. E-Journal Budidaya Perairan 9(1).

Monoarfa, Muhammad Irsyad, Yudi Hariyanto, & Abdul Rasyid. (2021). Analisis Penyebab Bottleneck Pada Aliran Produksi Briquette Charcoal Dengan Menggunakan Diagram Fishbone Di Pt. Saraswati Coconut Product. Jambura Industrial Review (Jirev) 1(1):15–21.

Mustika, Rina, Idiannor Mahyudin, Emmy Sri Mahreda, & Irma Febrianty. (2023). Inisiasi Pemasaran Daring Pada Usaha Perikanan Kolam As Syifa Di Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):25–32.

Purba, Sakti Yonni Hamongan, Juni Susanti Banurea, & Septiman Zalukhu. (2023). Pengaruh Dosis Probiotik Terhadap Pertumbuhan Dan Konversi Pakan Untuk Budidaya Ikan Lele Mutiara (Clarias Gariepinus) Sistem Bioflok. Jurnal Penelitian Terapan Perikanan Dan Kelautan" Tapian Nauli" 5(1):27–32.

Samadi, Budi. (2023). Meraup Laba Jutaan Rupiah Dari Usaha Pembesaran Ikan Lele Selama Dua Bulan Pemeliharaan. Nuansa Cendekia.

Sujarwo, Yostian Ari, & Anita Ratnasari. (2020). Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram Dan Qr-Code. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 9(3):302–9.

Tri, Daniningsih, & Henny Amelya. (2022). Analisis Finansial Budidaya Ikan Lele (Clarias Gariepinus) Dengan Pemberian Pakan Kombinasi Pellet Dan Usus Ayam Di Kecamataan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Agrisurya: Jurnal Agribisnis Dan Sumber Daya Pertanian 1(2):1–9.

Wiharti, Tri, & Nur Rokhimah Hanik. (2022). Identification of Types of Fish Captured by Fishermen at Tpi Wuryantoro Wonogiri That Are Consumed By The Community. Jurnal Biologi Tropis 22(4):1177–87.

Yulianto, Andi. (2023). Leleku Berkualitas: Usaha Ternak Lele di Desa Blukbuk, Kabupaten Brebes. Jecmer: Journal Of Economic, Management And Enterpreneurship Research 1(2):31–42.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats