Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Keripik Wader pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya

Nisa Hafi Idhoh Fitriana, Risqi Firdaus Setiawan

Abstract


Sebagian besar industri keripik ikan wader masih dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satu UMKM di Kecamatan Wonorejo yang berfokus pada produk keripik ikan wader. Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis nilai tambah produk ikan wader menjadi keripik wader Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya 2) Menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik wader di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya. Jumlah responden yang diambil adalah 10 karyawan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik wader di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya. Metode analisis data menggunakan analisis metode Hayami dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis Hayami, nilai tambahnya positif > 0 yaitu sebesar 34% artinya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik Wader Di Kecamatan Wonorejo Kota Surabaya memberikan nilai tambah bagi UMKM. Strategi yang perlu diterapkan adalah fokus pada pemasaran produk sebagai pilihan kualitas dengan cita rasa unik dan kualitas tinggi yang konsisten, bekerjasama dengan pemasok bahan baku untuk selalu memasok dengan kualitas dan kuantitas yang stabil dan juga menjaga kualitas produk tanpa menaikkan harga produk.

 

DOI : https://doi.org/10.33005/agridevina.v12i2.4311


References


Aristyani, E. K. (2021). Analisis Kelayakan Usaha Wader Crispy Endesss Food di Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Fatria, M. A., Jahrizal, & Pailis, E. A. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Usaha Jamur Crispy Industri Pengolahan Jamur Tiram. JOM Fekon, 4(1), 283–297.

Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis saluran pemasaran biji kopi robusta (suatu kasus di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 3(2), 162-173.

Harahap, S., Saleh, K., dan Harahap, G. (2021). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Cap Kelinci Industri Rumah Tangga di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Marketing. Jurnal Ilmiah Pertanian (JIPERTA), 3(1), 45-55.

Hasanah, U., Masyhuri, & Djuwari. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen. Ilmu Pertanian, 18(3), 141–149.

Jufriyanto, M. (2023). Strategi Pemasaran pada UMKM Ikhtiar dengan Analisis SWOT dan Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Jurnal Integrasi Sistem Industri, 10(2), 57-68.

Kipdiyah, S., Hubeis, M., & Suharjo, B. (2013). Strategi Rantai Pasok Sayuran Organik Berbasis Petani di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Manajemen IKM, 8(2), 99–114.

Maryam, D., Setiawan, I., dan Isyanto, A. Y. (2020). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Beledag di Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(3), 789-796.

Novia, W., Zakaria, W. A., & Lestari, D. A. H. (2013). Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Pengembangan Agroindustri Beras Siger. JIIA, 1(3), 210–217. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v1i3.210-217

Nugraha, R. dan Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Abdi Mas TPB, 3(1), 23-33.

Sari, I. R. M., Zakaria, W. A., & Affandi, M. I. (2015). Kinerja Produksi dan Nilai Tambah Agroindustri Emping Melinjo di Kota Bandar Lampung. JIIA, 3(1), 18–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v3i1.%25pOelfy,

N., Basaria, D., & Ananta, S. N. (2018). Penerapan asertif behavior therapy dan positive reinforcement untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresivitas verbal pada anak usia tengah. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1),165-172.

Sintya, N. S. (2020). Evaluasi Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot di UKM “Jambangan Pitoe” Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Siregar, G., Salman, & Wati, L. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Agrium, 19(1), 12–20.

Prihatiningtyas, S., & Sifaunnajah, A. (2023, October). Peningkatan Daya Saing Produk Olahan Ikan: Redesign Kemasan. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 5, No. 1, pp. 629-640).

Widaryanti, Lughiatno, dan Widowati, M. (2021). Pemasaran Digital Usaha Keripik Ikan Wader Rawa Salatiga. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 4, 2146-2150.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda Crossref
http://192.168.192.166/public/site/images/devina/desain_tanpa_judul-4_236

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
View My Stats