Analisis Tingkat Kepuasan Petani terhadap benih jagung NK33 di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

Rima Dewi Oryza Sativa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mendeskripsikan karakteristik petani berdasarkan varietas jagung yang dipilih untuk ditanam di kebunnya. (2) Mengetahui tingkat kepuasan petani di desa Ngunggahan terhadap benih jagung NK 33. Lokasi penelitian berada di Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung dengan sampel penelitian sebanyak 30 orang petani jagung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan perhitungan kuantitatif. Alat analisis data yang digunakan menggunakan alat analisis yaitu Customer Satisfaction Index (CSI). Metode CSI digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan petani terhadap penggunaan benih jagung NK33. Tingkat kepuasan konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan dengan melihat dan mengetahui tingkat kepuasan atribut produk. Sebelumnya peneliti harus mengetahui karakteristik petani yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu responden laki-laki berjumlah 24 orang sedangkan perempuan berjumlah 6 orang, dengan didominasi usia 46-60 tahun. Pendidikan terakhir petani responden paling banyak berpendidikan SMA. Petani responden menjadikan pertanian sebagai pekerjaan utama dan mempunyai pekerjaan sampingan dengan pendapatan kisaran Rp. 1.000.000,- – Rp. 1.999.999,- diperoleh dari berdagang. Status tanah petani, sebagian besar responden mempunyai tanah sendiri. Berdasarkan analisis kepuasan petani terhadap benih jagung NK 33 dengan metode CSI diperoleh nilai CSI sebesar 81,93%. Hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa petani di Desa Ngunggahan sangat puas dengan benih jagung NK 33. Tingkat kepuasan ini dipengaruhi kinerja atribut benih jagung NK33 yang sesuai dengan keiningan para petani yaitu tingkat kadaluarsa benih, umur tanaman, kualitas kemasan, harga benih.

Kata kata Kunci: Pengambilan keputusan, Petani, Jagung, CSI

References


Apriliana, M., & Mustadjab, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Dalam Menggunakan Benih Hibrida Pada Usahatani Jagung (Studi Kasus di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang). Habitat, 27(1), 7–13.

https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.1.2

Arista, D., Dolorosa, E., & Suharyani, A. (2021). Pengaruh Atribut Produk Kopi Bubuk Instan Indocafe Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Kota Pontianak. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 17(2), 83. https://doi.org/10.20961/sepa.v17i2.38604

Br Kabeakan, N. T. M., & Manik, J. R. (2020). Kepuasan Dan Loyalitas Petani Jagung Menggunakan Benih Bersubsidi Di Desa Laubaleng Kecamatan Laubaleng Kabupaten Karo. Jurnal Agrica, 13(2), 124–135. https://doi.org/10.31289/agrica.v13i2.4093

Gadung, A., Zakaria, W. A., & Murniati, K. (2015). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia (Sb-Cbd) Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 3(4), 370–376.

Hadus, E., Arnawa, I. K., & Tamba, I. M. (2017). Analisis kepuasan petani terhadap biji hibrida benih hibrida f1 (Zea Mays Var Saccharata Sturt). Jurnal Agrimeta, 7(14), 8–14.

Nurmavina, T.W., Soedarto T., Amir I, T., 2021. Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Penggunaan Benih Jagung Hibrida di Desa Singkalan Kecamtan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Jurnla IlmiahMahasiswa AGROINFO GALUH. Volume 8, Nomor 3, September 2021: 783-795.

Nobar, H. B. K., & Rostamzadeh, R. (2018). The impact of customer satisfaction, customer experience and customer loyalty on brand power: Empirical evidence from hotel industry. Journal of Business Economics and Management, 19(2), 417–430. https://doi.org/10.3846/jbem.2018.5678

Patimah, S., Priyono, B. S., & Rasyid, W. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Usaha Benih Padi Cigeulis di Balai Induk Padi dan Palawija di Kabupaten Kepahing provinsi Bengkulu. Agrisep, 15(2), 203–212.

Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Rahmanissa, R. (2016). Does customer satisfaction on product quality illustrates loyalty of agricultural product? International Journal of Applied Business and Economic Research, 14(1), 223–232.

Siahaan, D. S. N., & Agustini, F. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ) ( Studi Kasus Pada BNI UNIMED ). Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(1), 13–19.

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ke. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedarto, T., & Hendrarini, H. (2017). Farmers Characteristics , Ihsan Attitude , Economic Conditions and Socio-Cultural Environment Support as Activator of Farmer ’ s Behavior to Meet Food Needs. International Journal of Social Relevance and Concern, 5(8), 77–92.

Stanford, Pokey. 2003. Multiple Intelligences for Every Classroom. Intervention on Social and Clinic. Vol. 39, No 2, pp.80-85.

Wahyudi, D., Sulistiani, E., & Muhajat, M. H. (2019). The impact of farmer’s attitude and perceived quality to farmer’s satisfaction and its effect on brand loyalty . Journal Research in Business, Economics, and Education , 1(1), 45–57.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats