Strategi Pemasaran Pada UMKM Tayamum Crackers di Kota Surabaya

Khoirul Rojak, Pawana Nur Indah, Gyska Indah Harya

Abstract


Salah satu produk yang banyak diminati oleh masyarakat ialah kerupuk. Selain mudah diproduksi, kerupuk juga sudah dikenal oleh masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik pelaku usaha dan pekerja, menganalisis faktor Internal, Eksternal dan rekomendasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh UMKM Tayamum Crackers. Metode penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian pada Analisis IFAS menunjukkan Tayamum Crackers memiliki kekuatan di sisi internal, dan pada analisis EFAS Tayamum Crackers memiliki peluang yang cukup dominan. Analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi terletak pada kuadran I, menjelaskan kekuatan internal dapat menciptakan peluang strategi pemasaran produk Tayamum Crackers. Rekomendasi strategi pemasaran yang di peroleh yaitu Strategi S-O dengan mengoptimalkan produksi produk yang selalu baru, menjaga kualitas produk dan kepuasan konsumen, serta mengoptimalkan hubungan baik dengan konsumen, patner bisnis, dan pemerintah.


References


Amri, S. (2021). Peran perempuan dalam UMKM: Tantangan dan peluang. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 10(2), 45-60.

Bank Indonesia. (2021). Kajian UMKM dan akses pembiayaan di Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2021). Laporan sosial ekonomi nasional: Usia produktif dan ketenagakerjaan. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik kesejahteraan rakyat Indonesia. Jakarta: BPS.

Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya. (2023). Laporan pengembangan UMKM di Kota Surabaya. Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya.

Firmansyah, R. (2022). Analisis strategi pemasaran produk UMKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 32-48.

Haryanto, S. (2022). Digital marketing untuk UMKM di Indonesia: Tantangan dan peluang. Jakarta: Pustaka Digital.

Harahap, D. (2020). Dinamika usia produktif dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 13-25.

Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap strategi pemasaran digital pada usaha mikro – Bunda Culinary. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 7(2), 127-138. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). McGraw-Hill.

Kementerian Ketenagakerjaan RI. (2021). Analisis ketenagakerjaan pada sektor UMKM. Jakarta: Kemenaker RI.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2008). Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.

Khasanah, I. (2023). Penerapan strategi SWOT pada UMKM makanan ringan di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 102-118.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of marketing (18th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.

Mashuri. (2020). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing (Studi pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97-112.

Nasution, M. A. (2018). Strategi pengembangan usaha sayuran hidroponik di KUT Hidrotani Sejahtera di Desa Suka Maju Kecamatan Sunggu. Porter, M. E. (1998). Competitive strategy: Techniques for analyzing industries and competitors. The Free Press.

Putri, D. A. (2021). Strategi pemasaran produk makanan berbasis digital marketing di Surabaya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 11(2), 88-105.

Rahim, A. R., & Radjab, E. (2018). Manajemen strategi. Deepublish.

Rahmawati, I. (2021). Pengaruh jumlah tanggungan keluarga terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 65-78.

Rangkuti, F. (2020). Strategi bisnis UMKM dalam menghadapi persaingan pasar. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rosyidi, S. (2011). Pengantar teori ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, H. (2020). Strategi ekspansi UMKM: Studi kasus pada industri makanan ringan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 30-45.

Santoso, A., & Wijaya, H. (2020). Pendidikan dan keputusan bisnis dalam UMKM di Indonesia: Kajian empiris. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 105-120.

Setiawan, D., & Lestari, S. (2020). Branding UMKM dalam industri makanan khas daerah: Studi kasus Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 110-125.

Schultz, T. W. (1975). Investments in human capital: The role of education and research. The Free Press.

Suryani, R. (2021). Daya tahan produk dan implikasinya terhadap strategi distribusi UMKM pangan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pangan, 7(2), 80-95.

Suryani, R., & Santoso, H. (2020). Pengaruh pengalaman kerja terhadap produktivitas di sektor UMKM pangan. Jurnal Manajemen UMKM, 8(2), 88-97.

Suryani, R., & Wahyudi, B. (2019). Usia produktif dan inovasi bisnis dalam UMKM: Sebuah analisis empiris. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 77-90.

Suparno, D., & Wijaya, H. (2022). Manajemen rantai pasok UMKM dalam industri makanan. Jurnal Logistik dan Distribusi, 8(1), 55-72.

Susilo, A., & Wahyudi, T. (2020). Akses modal dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 15(2), 89-102.

Tambunan, T. (2019). UMKM di Indonesia: Perkembangan, tantangan, dan prospek ke depan. LIPI Press.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran (5th ed.). Andi Publisher.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter