Makanan Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Nasi Krawu Bu Tiban

Sindy Oktaviani Juwita, Pawana Nur Indah, Dona Wahyuning Laily

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut di Rumah Makan Nasi Krawu Bu Tiban, dan menganalisis persentase tingkat kepuasan pelanggan di Rumah Makan Nasi Krawu Bu tiban. Jumlah responden dalam penlitian ini sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 76,37% yang berarti bahwa konsumen merasa puas terhadap layanan atau kinerja yang diberikan. Sedangkan untuk hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA), terdapat 1 atribut pada kuadran I (prioritas utama), 16 di kuadran II (pertahankan prestasi), 7 di kuadran III (prioritas rendah), dan 3 di kuadran IV (berlebihan). Hasil ini menunjukkan bahwa masih perlu adanya peningkatan layanan untuk atribut yang memiliki tingkat kepuasan konsumen yang rendah namun memiliki tingkat kepentingan tinggi agar tercapai kepuasan yang maksimal.

References


Ahyani. (2023). The influence of product quality and service quality on consumer satisfaction. Journal of Economics and Business letters, 3, 11–17.

Cheah, A. K. W., Kangkorn, T., Tan, E. H., Loo, M. L., & Chong, S. J. (2018). The validation study on a three-dimensional burn estimation smart-phone application: accurate, free and fast? Burns & Trauma, 6, 1–6. https://doi.org/10.1186/s41038-018-0109-0

Firmansyah, D., & Dede, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Lubis, S. N., Fauzia, L., & Utami, D. (2020). CSI (Customer Satisfaction Index) and IPA (Importance Performance Analysis) of Mandheling Coffee in Medan. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 454(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/454/1/012007

Pertiwi, I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index Studi Kasus pada Restoran A&W Maspion Square Surabaya. Soetomo Management Review, 1(3), 263–280.

Pratama, R. N. Y. F., & Fuadi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Mama Alya di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Diversivikasi, 01(3), 636–652.

Sandra Oktaviana Pinaraswati, Saibat, Agustiawan Djoko Baruno, S. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Nasi Krawu Khas Gresik Jawa Timur. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 20(1), 28. https://doi.org/10.30651/blc.v20i1.15605

Sayedi, F., Ilato, R., Hafid, R., Moonti, U., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Amira Meubel Kota Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18651

Setiawan, A. D., Yamani, A. Z., & Winati, F. D. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(4), 286–295. https://doi.org/10.55826/tmit.v1i4.62

Suryani, R., & Wahyudi, B. (2021). Daya Saing UMKM Kuliner Tradisional: Studi Kasus di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 102-118.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Publisher

Vega Veniranda and Reggie Surya. (2022). Consumer Analysis of Commercial Plant-Based Jerky. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/998/1/012059

Wahyudi, M. R., Baihaqi, I., & Prihananto, P. (2020). Implementasi Six Sigma untuk Perbaikan Proses Bisnis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar: Studi Kasus pada Nasi Krawu Bu Tiban Gresik. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.54031

Wahyuningsih, N., & Ernawati, S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Kota Bima. Journal Scientific Of Mandalika (JSM), 2(5), 175–185. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss5pp175-185

Wardhani, E. K. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Jasa Penerbangan (Studi Kasus Pada Jasa Penerbangan Garuda Indonesia Semarang - Jakarta). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 3(1), 40–63.

Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudi. Agora Vol. 5, No. 1, (2017), 5(1), 1–8.

Yudha, E. P., Rifai, A. A., & Adela, A. S. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Restoran Cepat Saji McDONALD’S. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 2(August), 1003–1013. https://doi.org/10.25157/ma.v8i2.7558


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter