Analisis Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Swakarja Coffe Space di Gresik
Abstract
Bisnis dalam bidang food and beverages di Indonesia saat ini semakin berkembang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin baik. Perkembangan dalam sektor bidang ini menyebabkan semakin besar persaingan antar pelaku bisnis. Swakarja Coffe Space merupakan salah satu bisnis coffe shop yang mengalami masalah penurunan jumlah pembeli dan terkadang belum sesuai dengan target Perusahaan. Tujuan riset ini untuk menganalisis karakteristik konsumen dan menganalisis pengaruh segmentasi pasar terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space. Metode riset menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil riset membuktikan bahwa konsumen Swakarja Coffe Space di Gresik adalah laki-laki dengan rentang usia 20-35 tahun, bekerja sebagai karyawan swasta, dengan latar belakang pendidikan terakhir SMA/SMK, memiliki pendapatan Rp. 2.600.000 - Rp 5.000.000/bulan dan pengeluaran Rp. 1.100.000 - Rp 2.500.000/bulan, memiliki jarak tempuh dari rumah ke Swakarja Coffe Space sejauh 1-5 km serta datang ke Swakarja Coffe Space sebanyak 3-5 kali/bulan. Adanya pengaruh antara faktor Demografis, Geografis, dan Psikografis terhadap variabel volume penjualan Swakarja Coffe Space di Gresik secara simultan. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel demografi terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space. Sedangkan faktor Geografis, dan Psikografis secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space.
Full Text:
Refbacks
- There are currently no refbacks.





ISSN Cetak :
ISSN Online : 