Analisis Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Swakarja Coffe Space di Gresik

Rizka Agustin Wulandari, Pawana Nur Indah, Dona Wahyuning Laily

Abstract


Bisnis dalam bidang food and beverages di Indonesia saat ini semakin berkembang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin baik. Perkembangan dalam sektor bidang ini menyebabkan semakin besar persaingan antar pelaku bisnis. Swakarja Coffe Space merupakan salah satu bisnis coffe shop yang mengalami masalah penurunan jumlah pembeli dan terkadang belum sesuai dengan target Perusahaan. Tujuan riset ini untuk menganalisis karakteristik konsumen dan menganalisis pengaruh segmentasi pasar terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space. Metode riset menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil riset membuktikan bahwa konsumen Swakarja Coffe Space di Gresik adalah laki-laki dengan rentang usia 20-35 tahun, bekerja sebagai karyawan swasta, dengan latar belakang pendidikan terakhir SMA/SMK, memiliki pendapatan Rp. 2.600.000 - Rp 5.000.000/bulan dan pengeluaran Rp. 1.100.000 - Rp 2.500.000/bulan, memiliki jarak tempuh dari rumah ke Swakarja Coffe Space sejauh 1-5 km serta datang ke Swakarja Coffe Space sebanyak 3-5 kali/bulan. Adanya pengaruh antara faktor Demografis, Geografis, dan Psikografis terhadap variabel volume penjualan Swakarja Coffe Space di Gresik secara simultan. Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel demografi terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space. Sedangkan faktor Geografis, dan Psikografis secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan Swakarja Coffe Space.


References


Adeliya Gita Silviana Putri, Rendy Andika Putra, & M. F. Hidayatullah. (2024). Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan KPR di Bank BTN KC Jember. Journal of Indonesian Social Society (JISS), 2(1).

Adiputra, R., Suryani, T., & Wijaya, M. (2023). The impact of income levels on consumer purchasing decisions in coffee shops: A behavioral analysis. Journal of Consumer Research, 50(2), 289-304.

Adiputra, T. E. G., Kurniawan, A. Y., & Fatah, L. (2023). Pengaruh promosi penjualan, harga, dan pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa (Studi kasus mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat). Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa (JTAM), 7(4), 58–65.

Ananda, A., & Pradini, G. (2022). Peran food & beverage service dalam memberikan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di McDonald’s Jatipadang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).

Bacon, A. K., & Komarova, N. (2019). Gender differences in coffee consumption: A behavioral and psychological analysis. Journal of Consumer Behavior, 18(3), 245-261.

Choi, J., Park, S., & Kim, J. (2022). The influence of coffee shop atmosphere on customer satisfaction and loyalty: Focusing on young consumers. Journal of Hospitality and Tourism Research, 46(4), 789-805.

Febrianto, D., Yuliati, N., & Atasa, D. (2023). Pengaruh segmentasi pasar terhadap keputusan pembelian konsumen pada Café Super Glu! Rungkut. AGROTEKSOS, 33(2).

Harum, S. (2022). Analisis produksi kopi di Indonesia tahun 2015-2020 menggunakan metode Cobb-Douglass. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Hwang, J., & Lyu, S. O. (2021). Understanding coffee shop consumer behavior: An analysis of motives and preferences. Journal of Retailing and Consumer Services, 60, 102-148.

Kawistara, A. A. (2021). Pengaruh store atmosphere dan service quality terhadap customer satisfaction dan implikasinya terhadap minat pembelian ulang di Kilogram Coffee (Survey pada konsumen Kilogram Coffee di Kota Bandung) [Skripsi]. Universitas Pasundan.

Kim, J., & Jang, S. (2020). Determinants of millennials’ coffee shop revisit intention: The role of atmosphere, food quality, and price fairness. International Journal of Hospitality Management, 87, 102-116.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing management (16th ed.). Pearson.

Lopez-Garcia, E., Van Dam, R. M., & Willett, W. C. (2019). The influence of coffee consumption on cognitive performance and lifestyle habits among emerging adults. American Journal of Clinical Nutrition, 109(4), 1238-1246.

Manzoor, F., Wei, T., & Asif, M. (2021). Understanding consumer behavior in the coffee industry: A study of gender-based preferences. Journal of Retailing and Consumer Services, 62, 102-114.

Nguyen, T. T. M., & Long, P. D. (2021). Coffee culture and consumer behavior among millennials: A case study in urban cafes. Journal of Consumer Research, 48(2), 321-335.

Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing, 63(4), 33-44.

Raharjo, D. (2021). Pengaruh kepuasan pelanggan dan pemasaran media sosial terhadap behavioral intentions di Ripah Coffee. (Doctoral Dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Steven Lo. (2019). Pengaruh karakteristik demografis dan gaya hidup terhadap niat beli di Starbucks. AGORA, 7(2).

Syahla Rianti, A. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Kopi X. Jurnal Point Equilibrium Manajemen Dan Akuntansi, 4(2).

Tran, Q. H., Pham, T. T., & Le, D. T. (2022). Coffee culture and young consumers: Insights into preferences and motivations. Journal of Consumer Behavior, 21(2), 234-251.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter