Strategi Pengembangan Usaha Roti di CV Dalwa Roti Kabupaten Bangil

Hasan Ali, Ida Syamsu Roidah, Mirza Andrian Syah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha di CV. Dalwa Roti-Bangil Kabupaten Pasuruan. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis Matriks SWOT. Hasil penelitian menggambarkan keadaan memiliki peluang sebab memiliki kekuatan maupun peluang yang mendorong perkembangan usaha roti dengan meningkatkan kualitas produk, menambah varian rasa dengan ukuran dan harga, modifikasi packaging produk, meningkatkan daya tahan produk serta pemasaran. Sedangkan peluang dan ancaman tidak ada pesaing dengan produk yang sama, bahan baku mudah didapat, adanya dukungan pemerintah, kemajuan teknologi pengelolaan, hubungan baik dengan pelanggan dan pedagang, perkembangan teknologi informasi, pesaing produk berbeda, dan harga bahan baku. Sehingga dapat dikembangkan usaha dengan lebih memperhatikan bahan pokok, tenaga kerja dan teknologi. sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan industri CV. Dalwa Roti-Bangil Kabupaten Pasuruan berdasarkan analisis matriks didapatkan hasil bahwa perbaikan bahan pokok, tenaga kerja dan teknologi manusia serta penanaman modal swasta akan berhasil dengan adanya dukungan dari pemerintah.

References


Alyas, & Muhammad Rakib. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah dalam penguatan ekonomi kerakyatan. Jurnal Sosiohumaniora, 19(2), 115.

Arifin, R., & Wibowo, A. (2020). Strategi pemasaran pada industri kecil dan menengah di Indonesia: Fokus pada pertumbuhan dan inovasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 85-98.

Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2019). Strategic management and competitive advantage: Concepts and cases (6th ed.). Pearson Education.

Cici Hariani. (2020). Strategi pemasaran kewirausahaan UMKM. Bandung: Media Sains.

Firmansyah, A. (2020). Strategi pemasaran dan inovasi dalam industri makanan untuk menghadapi persaingan di pasar lokal. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 12(2), 75-88.

Hadi, T., Pratama, R., & Adi, S. (2021). Strategi pengembangan usaha kecil dan menengah dalam menghadapi tantangan distribusi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 92-104.

Hidayat, M., & Pratama, D. (2021). Analisis posisi strategis perusahaan menggunakan matriks SWOT dan penerapan strategi SO pada UKM. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(1), 45-56.

Kurniawan, F. (2020). Analisis strategi pemasaran pada industri roti di pasar lokal. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 45-59.

Mariana Simanjuntak. (2021). Pemasaran digital pariwisata Indonesia (1st ed.). Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis.

Novianto, A., Sari, D., & Subagio, E. (2022). Daya saing produk roti di pasar modern dan tradisional: Kajian dari perspektif kualitas dan inovasi produk. Jurnal Ekonomi dan Pemasaran, 10(3), 87-98.

Purnomo, D., & Rahayu, S. (2022). Pertumbuhan bisnis di era digital: Tantangan dan peluang bagi industri mikro dan kecil. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(4), 112-125.

Rachmawan Budiarto. (2015). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahel Widiawati Kimbal. (2015). Modal sosial dan ekonomi industri kecil. Yogyakarta: Deepublish.

Rangkuti, F. (2001). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robert Tua Siregar, Hery Pandanpota Silitonga, & Juan Anastasia Putri. (2020). Strategi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pematangsiantar. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 6(2).

Setiawan, A. (2020). Strategi pengembangan bisnis di sektor roti: Pemanfaatan teknologi dan ekspansi distribusi. Jurnal Bisnis dan Teknologi, 11(3), 75-89.

Setiawan, E., & Putri, I. (2021). Strategi manajemen hubungan pelanggan dalam meningkatkan loyalitas konsumen di sektor ritel. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(4), 100-113.

Shankar, V., & Radhakrishna, R. (2020). Supply chain management in small businesses: Challenges and strategies. International Journal of Business and Management, 15(3), 101-110.

Tanjung, S., & Hutagalung, D. (2022). Persaingan pasar dan dampaknya terhadap industri makanan dan minuman di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18(1), 55-68.

Tulloch, P. (2021). Trends in the bakery industry: Opportunities for growth. Food Industry Journal, 17(1), 45-56.

Yulia, R. (2019). Workforce development and training in micro enterprises. Journal of Business and Social Science Review, 22(4), 78-92.

Yulianti. (2021). Pengembangan industri kuliner berbasis makanan tradisional khas Sulawesi (1st ed.). Yogyakarta: Bumi Utama.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter