Pengaruh Identifikasi Merek terhadap Respon Konsumen Bumbu Penyedap Masako di Jawa Timur

Soesanto Soesanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh identifikasi merek terhadap respon konsumen bumbu penyedap Masako di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Sampel penelitian sebanyak 391 responden dari 10 kabupaten/kota di Jawa Timur. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur menggunakan Skala Likert dan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi merek Masako di kalangan konsumen Jawa Timur tergolong positif dengan rerata skor 3.659, yang berarti bahwa konsumen merasa memiliki keterikatan, ketertarikan, dan kesamaan dengan merek Masako. Kesadaran merek juga berada pada level yang baik dengan rerata skor 3.660, menandakan bahwa strategi pemasaran dan branding Masako telah berhasil mencapai target audiens. Respon konsumen terhadap produk Masako sangat positif dengan rerata skor 3.844, menunjukkan bahwa konsumen memiliki tingkat kepuasan dan loyalitas yang tinggi terhadap produk ini.

References


Aaker, D. A. (2018). Strategic Market Management. John Wiley & Sons.

Assael, Henry. 2011. Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning.

Chatzipanagiotou, K., Veloutsou, C., & Christodoulides, G. (2019). Decoding the complexity of the consumer-based brand equity process. Journal of Business Research, 69(1), 4-24.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

He, H., & Lai, K. K. (2021). Brand loyalty and price sensitivity. Journal of Retailing and Consumer Services, 60, 102465.

Huang, R., & Sarigöllü, E. (2020). How brand awareness relates to market outcome, brand equity, and the marketing mix. In Fashion Branding and Consumer Behaviors (pp. 113-132). Springer, Singapore.

Keller, K. L. (2016). Unlocking the power of integrated marketing communications: How integrated is your IMC program?. Journal of Marketing Communications, 22(2), 132-140.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. Pearson Education.

Laroche, M., Habibi, M. R., & Richard, M. O. (2020). To be or not to be in social media: How brand loyalty is affected by social media?. International Journal of Information Management, 60, 102416.

Lestari, P., & Putra, A. (2020). Pengaruh Ekstensi Merek Terhadap Penerimaan Produk Baru. Jurnal Pemasaran Indonesia, 15(1), 34-48.

Nugroho, A., & Lestari, D. (2017). Kesamaan Nilai dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(4), 112-123.

Prasetyo, A., & Lestari, P. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(3), 123-136.

Pratama, H., & Utami, C. (2019). Willingness to Pay a Price Premium dan Persepsi Kualitas Produk. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 12(3), 145-160.

Putri, R. M., & Yulianto, E. (2020). Kepribadian Merek dan Hubungannya dengan Loyalitas Konsumen. Jurnal Riset Manajemen, 22(3), 78-89.

Raharjo, S., & Dewi, N. S. (2019). Ketertarikan Merek dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 56-67.

Rahmawati, S., & Wijayanti, R. (2021). Analisis Pengaruh Recall Merek Terhadap Efektivitas Iklan. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 15(2), 110-123.

Rather, R. A., Tehseen, S., & Parrey, S. H. (2018). Promoting customer brand engagement and brand loyalty through customer brand identification and value congruity. Spanish Journal of Marketing – ESIC. Emerald Publishing Limited.

Sari, D. P., & Hidayat, T. (2020). Pengaruh Pengakuan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 18(1), 45-58.

Setyawan, Y., & Haryanto, A. (2018). Strategi Identifikasi Merek dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1), 89-101.

Shimp, T. (2013). Periklanan promosi aspek-aspek tambahan komunikasi terpadu. Jakarta: Erlangga

So, K. K. F., King, C., Sparks, B. A., & Wang, Y. (2013). The influence of customer brand identification on hotel brand evaluation and loyalty development. International Journal of Hospitality Management, 34, 31-41. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.02.002

Susanti, D., & Widiastuti, E. (2018). Pengaruh Identifikasi Merek terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 34-45.

Susanti, R., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Rekomendasi Konsumen Terhadap Citra Merek. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 19(2), 67-80.

Yulianti, L., & Sutanto, J. (2018). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen dan Frekuensi Konsumsi Produk. Jurnal Riset Pemasaran Indonesia, 10(4), 212-225


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats