Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Daya Tarik Produk terhadap Pembelian Pupuk Organik Cair Ajifol di Jawa Timur

Mega Darmi Novita

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas produk, citra merek, dan daya tarik produk terhadap perilaku pembelian pupuk organik cair Ajifol di Jawa Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausal, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 340 responden yang pernah menggunakan Ajifol. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur dengan Skala Likert dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Amos 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara variabel yang dihipotesiskan mempengaruhi pembelian impulsif, citra merek memiliki pengaruh langsung paling besar. Hal ini menegaskan dominasi citra merek Ajifol dalam mendorong pembelian impulsif. Untuk variabel yang mempengaruhi niat membeli, kualitas produk ditemukan memiliki pengaruh langsung tertinggi, menyoroti peran pentingnya dalam niat beli konsumen. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas produk pupuk organik cair Ajifol sangat penting untuk meningkatkan niat beli konsumen. Studi ini merekomendasikan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk guna mendorong niat beli konsumen yang lebih tinggi.

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. (2020). Laporan Tahunan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handayani, S., & Puspitasari, R. (2021). Reputasi Merek dan Kepercayaan Konsumen di Sektor Pertanian. Jurnal Agribisnis Indonesia, 13(1), 89-101.

Harsono, A., Sutrisno, H., & Wibowo, S. (2019). Pengaruh Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah. Jurnal Pertanian Indonesia, 24(3), 210-220.

Kartika, S., et al. (2020). Preferensi dan Minat Eksploratif Konsumen Terhadap Produk Organik. Jurnal Agroekoteknologi, 17(2), 185-194.

Kurniawan, A., & Sari, I. (2019). Persepsi Keunggulan Produk dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Pemasaran Indonesia, 11(1), 45-56.

Lestari, A. D., & Dewi, S. P. (2019). Pengaruh Desain Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik. Jurnal Desain dan Pemasaran Pertanian, 7(2), 110-120.

Nugroho, A., et al. (2019). Pengaruh Faktor Emosional dan Rasional Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 213-224.

Prasetyo, B., & Wahyuni, S. (2018). Peran Citra Merek dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Produk Pertanian. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 6(1), 45-59.

Prasetyo, H., & Widodo, T. (2019). Dampak Word-of-Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pertanian Organik. Jurnal Pemasaran Indonesia, 14(1), 95-104.

Pratama, A., Widodo, A., & Sulistyowati, D. (2020). Pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 155-167.

Pratiwi, R., et al. (2020). Dampak Penggunaan Pupuk Organik Terhadap Lingkungan. Jurnal Pertanian Indonesia, 15(2), 123-130.

Putra, Y. (2022). Model SEM untuk menilai loyalitas konsumen pada produk organik di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(4), 55-66.

Rahayu, S. (2021). Analisis daya tarik visual produk dan pengaruhnya terhadap pembelian impulsif. Jurnal Psikologi Industri, 8(1), 29-38.

Santoso, B. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif dan niat beli kembali pada produk pertanian. Jurnal Riset Pemasaran, 9(2), 43-59.

Sari, I. P., & Kusuma, R. A. (2020). Analisis Kepuasan Petani terhadap Produk Pupuk Organik di Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Indonesia, 15(1), 65-75.

Setiawan, B., & Purnomo, H. (2018). Keandalan Produk dan Kepercayaan Konsumen pada Sektor Pertanian. Jurnal Manajemen Pertanian, 6(2), 130-145.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, D. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pupuk organik. Jurnal Agribisnis, 15(2), 34-45.

Suryana, T., et al. (2021). Efektivitas Pupuk Organik dalam Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi. Jurnal Agroekoteknologi, 18(3), 245-252.

Suryani, T., Kurniawan, R., & Anggraeni, D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pupuk Organik. Jurnal Pemasaran Pertanian, 8(3), 205-220.

Susanti, E., & Kusuma, R. (2021). Daya Tarik Produk dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Sektor Pertanian. Jurnal Ekonomi dan Pemasaran Pertanian, 9(4), 310-325.

Susanti, E., & Rahmawati, N. (2020). Pengaruh Kesan Positif terhadap Loyalitas Konsumen Produk Pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(2), 190-200.

Sutrisno, A., et al. (2021). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Pembelian Produk Pertanian Organik. Jurnal Agribisnis Indonesia, 19(4), 221-230.

Wahyuni, D., Sari, I., & Prasetyo, A. (2018). Pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(3), 233-247.

Wibowo, A. (2020). Citra merek dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang produk pertanian. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(3), 67-78.

Widodo, A., & Riyanto, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair terhadap Produktivitas dan Kualitas Tanaman Padi di Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Indonesia, 15(2), 120-135.

Widodo, T., & Basuki, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di Industri Pupuk Organik. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Pertanian, 11(4), 345-358.

Wulandari, S., & Setiawan, H. (2020). Peran Emosi dan Afeksi dalam Pembelian Impulsif Produk Pertanian. Jurnal Pemasaran Indonesia, 15(2), 101-112.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

DIINDEKSIKAN OLEH:

beasiswa Google Garuda
Crossref

 

HAK CIPTA JURNAL Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis ISSN 2301-8607 (cetak) , ISSN 2599-0365 (online) .

Hak cipta dari Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stats