Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Mblara Coffee dan Culinary
Abstract
Bisnis kedai kopi berkembang semakin pesat mengakibatkan ketatnya persaingan. Kondisi ini menuntut pelaku usaha untuk menciptakan strategi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan menyuguhkan store atmosphere. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi dan pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di mBlara coffee and culinary. Metode pengambilan sampel yang dipakai merupakan metode non-probability sampling mempergunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 105 responden. Tujuan pertama dianalisis secara deskriptif, dan tujuan kedua dianalisis menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM PLS). Kondisi store atmosphere mBlara coffee and culinary secara keseluruhan baik, variabel yang memiliki kontribusi besar yaitu exterior dan store layout. Hasil analisis membuktikan variabel store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Amir, N. H., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2017). Analisis usahatani kopi di kelompok tani hutan Giri Senang Desa Giri Mekar Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3), 472–479.
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail management: A strategic approach (13th ed.). Pearson.
Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The impact of physical surroundings on customers and employees. Journal of Marketing, 56(2), 57-71.
Fitko, A., Hendra, N., & Yunita, M. (2023). Pengaruh suasana kafe, kualitas produk, terhadap keputusan pembelian di kafe Upcoffe Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 11(1), 1171-1177.
Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial least square: Konsep, teknik dan aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling metode alternatif dengan partial least squares (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
Suharsono, H., & Koesmaryono, Y. (2017). Klimatologi dasar: Landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsur-unsur iklim. Bogor: IPB Press.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Hikmania, E., & Nova, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, brand image, store atmosphere, promosi, word of mouth dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Erigo. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 226-239.
Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect of store atmosphere on consumer purchase intention. International Journal of Marketing Studies, 7(2). https://doi.org/10.5539/ijms.v7n2p35
Kotler, P. (1973). Atmospherics as a marketing tool. Journal of Retailing, 49(4), 48-64.
Kumar, A., & Kim, Y. K. (2014). The store-as-a-brand strategy: The effect of store environment on customer responses. Journal of Retailing and Consumer Services, 21(5), 685-695.
Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing management: Information center. New York: McGraw Hill Higher Education.
Rangkuti, F. (2021). Strategi bisnis UMKM dalam menghadapi persaingan pasar. Jakarta: Salemba Empat.
Sholihin, M., & Dwi, R. (2013). Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 (Ed 1). Andi Offset, CV Andi Offset, Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, R., & Wahyudi, B. (2021). Daya saing UMKM kuliner tradisional: Studi kasus di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 102-118.
Turley, L. W., & Milliman, R. E. (2000). Atmospheric effects on shopping behavior: A review of the experimental evidence. Journal of Business Research, 49(2), 193-211.
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.