Strategi Pengembangan Produk Keripik Pisang UD Sumber Rejeki Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar

Rima Dewi Oryzasativa, Rima Dewi Oryza Sativa, Yuhanin Zamrodah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk olahan UD Sumber Rejeki; menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi strategi pengembangan produk keripik pisang; serta merumuskan strategi alternatif pengembangan produk. Penelitian dilakukan di UD Sumber Rejeki, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, dengan metode analisis SWOT. Hasil analisis IFAS menunjukkan skor kekuatan sebesar 2,13 dan kelemahan sebesar 1,42, yang berarti perusahaan mampu mempertahankan kekuatannya. Sementara itu, hasil analisis EFAS menunjukkan skor peluang sebesar 1,93 dan ancaman sebesar 1,73, yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan peluang dan meminimalkan ancaman. Strategi alternatif yang direkomendasikan adalah strategi S-O, yaitu mempertahankan kualitas produk dengan harga terjangkau, melakukan inovasi rasa untuk menghadapi persaingan, serta memanfaatkan keunggulan produk seperti tanpa bahan pengawet, memiliki izin PIRT, dan sertifikasi halal sebagai jaminan mutu.

References


Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran statistika menggunakan software SPSS untuk uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Ayunda, I. O. P., Sumbawati, N. K., & Pamungkas, B. D. P. (2024). Analisis strategi pengembangan ekonomi lokal masyarakat pesisir di Desa Labuhan Bajo. Analisis, 14(1), 148–161. https://doi.org/10.37478/als.v14i01.3748

Eka, J. N. (2018). Pengembangan produk keripik pisang dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 1(1), 31–40.

Fadlurrahman, F., Rini, R., Hasanah, N., & Anshari, M. I. (2023). Analisis SWOT dan framework implementasi strategi pengembangan UMKM. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(3), 229–237.

Hanif, M., Andesta, D., & Dzakiyah, W. (2020). Pendekatan metode SWOT dan QSPM pada strategi pemasaran produk petis udang (Studi kasus: UD. Sahabat Barokah di Desa Sungonlegowo). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 1(4), 489–502.

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2020). Strategi pengembangan wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui analisis matrik IFAS dan EFAS. Al Tijarah, 5(2), 93–101.

Leksono, B. B., & Putra, R. (2022). Strategi pengembangan usaha produk dangkrik di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 235–242. https://doi.org/10.54082/jamsi.224

Fahli, M. A. (2024). Strategi pengembangan daya saing industri menggunakan analisis SWOT pada industri rotan di Kabupaten Cirebon. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(28), 183–191.

Malonda, P. M., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. (2019). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran pada rumah makan bakso Baper Jogja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24882

Nurjannah, M. N. (2020). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing (Studi pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112.

Putra, L., Mindarti, L., & Hidayati, F. (2018). Strategi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ekonomi kreatif kerajinan kulit di Kabupaten Magetan (Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.30996/jpap.v4i1.1281

Satoto, H. F., & Norhabiba, F. (2021). Perencanaan strategi pengembangan usaha dengan metode Quantitative Strategic Planning Matriks (Studi kasus UD. Intansari Raya). TIARSIE, 18(4), 109–115.

Setiawan, I. M. D., Dananjaya, I., & Suparyana, P. (2020). Studi evaluasi kesiapan strategi pengembangan ekonomi kreatif pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Kecamatan Tabanan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 4(2), 133–141.

Syam, A., Amalia, S., Rakib, M., Sudarmi, S., & S., N. (2024). Product Design Development to Increase Customer Attraction. Marginal Journal of Management Accounting General Finance and International Economic Issues. https://doi.org/10.55047/marginal.v3i3.1160.

Usman, E., Laili, S. N., Arifin, Z., & Andayani, R. (2024). Strategi pengembangan kepiting soka (soft shell crab) di Kabupaten Kolaka. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1089–1098.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter