Strategi Pemasaran Rengginang Lorjuk Cap Dua Udang di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Ach Royhanur Ridlwan, Ika Fatmawati Pramasari, Purwati Ratnna

Abstract


Rengginang merupakan olahan berbahan dasar beras ketan yang banyak dijumpai di Kecamatan Pragaan. Kajian strategi pemasaran UMKM masih terbatas pada produk umum dan belum banyak menyentuh produk tradisional seperti rengginang lorjuk. Penelitian ini bertujuan untuk  mengidentifikasi unsur-unsur eksternal dan internal dan menciptakan alternatif teknik pemasaran kompetitif yang unggul dan tepat serta selaras dengan kebijakan pada usaha rengginang lorjuk Dua Udang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT  usaha Rengginang Lorjuk cap dua udang berada pada kuadran I, menjelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan yaitu strategi pengembangan produk, pengembangan pasar, serta penetrasi pasar. Rekomendasi yang didapat yaitu strategi SO (Strenght-Opportunities) karena srategi ini yang paling praktis, proaktif, ekonomis, dan langsung mempengaruhi ekspansi serta daya saing perusahaan, sehingga strategi ini lebih cocok untuk diimplementasikan.


References


Afifah, N., & Formen, A. (2023). Penggunaan Matrik IFAS dan EFAS untuk Analisis SWOT Sarana dan Prasarana di Satuan PAUD. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (Isora), 1(2), 47–60.

Agustina, E. S. (2024). Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Locy Cahaya Bersaudara Menggunakan Matriks IFAS, EFAS, SFAS, dan Grand Strategy. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 13(3), 266–274. https://doi.org/10.20527/jbp.1313i3.53

Delita, F., Yetti, E., & Sidauruk, T. (2017). Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Mual Mata Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal Geografi, 9(1), 41. https://doi.org/10.24114/jg.v9i1.6037

Elwisam, & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm Tekat Tiga Dara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 4(2), 277–286. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Heriawan, I. (2018). Kebijakan Pendidikan Provinsi (SLTA dan SMK) dan Analisis Swot di Kalimantan Timur. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 98–116.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300

Pamungkas, B. A., Endra, E. D. N., & Raharjo, G. D. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Studi pada UMKM Boneky. Journal of Research on Business and Tourism, 2(1), 57. https://doi.org/10.37535/104002120225

Rahim, A. R., & Radjab, E. (2018). Manajemen Strategi. Deepublish.

Raahim, M., Dr, A., Zaman, S., Hasnain, S., , A., & Tariq, N. (2025). Impact of Product Pricing, Packaging Information, and Brand Trust on Consumer Purchase Intention and Loyalty. Journal of Management & Social Science. https://doi.org/10.63075/jmss.v2i1.72.

Rangkuti, F. (1998). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Rojak, K., Indah, P. N., & Harya, G. I. (2024). Strategi Pemasaran Pada UMKM Tayamum Crackers di Kota Surabaya. Berkala Ilmiah AGRIDEVINA, 13(2), 100–111. https://doi.org/10.33005/agridevina.v13i2.4504

Setiawan, M. E. (2018). Perumusan Strategi Pemasaran Pariwisata Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(1–13).

Srivastava, S., & Sinha, S. (2024). Review of Price Sensitivity on Advertising of Cosmetics Products in E-Commerce Sector. 2024 1st International Conference on Sustainable Computing and Integrated Communication in Changing Landscape of AI (ICSCAI), 1-9. https://doi.org/10.1109/ICSCAI61790.2024.10866264.

Sulistiyani, & Setiyono. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM. Posiding Seminar Nasional Enhancing Innovations for Sustainable Development: Dissemination Og UNPAM’s Research Result, 31.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis Angelica Tamara. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis: Jangan Buat Strategi Bisnis Sebelum Baca Buku Ini. Anak Hebat Indonesia.

Yatminiwati, M., & Ermawati, E. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 14(2), 84–92.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agridevina : Berkala Ilmiah Agribisnis

index by:

Contact us:

Publisher:  UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAWA TIMUR

Managed by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Alamat : Jl. Rungkut Madya, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60294 .

Email: agridevinafaperta@upnjatim.ac.id


Web Analytics Made Easy -
StatCounter

View My Stat

Web Analytics Made Easy - Statcounter