PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH MELALUI BUMDES DI DESA SURUH KABUPATEN TRENGGALEK

Talitha Andriyanti, Sherly Anggraeni, Wildan Taufik, Lunariana Lubis

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses memberikan daya, kekuatan, dukungan serta dorongan motivasi kepada masyarakat agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Dengan dilakukannya Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dilaksanakan oleh Pemerintah Desa bekerjasama dengan masyarakat. Dalam rangka meningkatkan rasa aman masyarakat, diharapkan melibat masyarakat dalam jangka panjang BUMDes mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya di Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek memiliki potensi yang baik untuk melakukan kegiatan UKM tersebut. Karena di sekitar Desa Suruh Kecamatan Suruh terdapat Unit Pengolahan Susu Kambing Etawa yang dapat dijadikan destinasi wisata dari desa tersebut. Dengan adanya kegiatan UKM ini dapat membantu perekonomian desa tersebut melalui BUMDes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dibentuknya program tersebut adalah untuk mengeIoIa dan mengarahkan asset serta usaha-usaha lain yang dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimana modal yang digunakan berasal dari desa melalui Dana Desa (DD). Metode dalam pemberdayaan usaha kecil menengah yang melibatkan seluruh masyarakat sekitar kawasan tersebut dilihat dengan pendekatan pemberdayaan, yaitu aspek pemungkinan, aspek penguatan, aspek perlindungan, aspek penyokongan, aspek pemeliharaan


References


Firmansyah, H., Anjani, A. N., Hurdianti, D., Miharja, L. N. A. D., Agustian, N., & Hariadi,

H. (2022). El-ecosy: jurnal ekonomi dan keuangan islam. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 02(01), 43–61.

https://jurnal.unsur.ac.id/Elecosy/Article/View/2013/1565

Kasus, S., Sukosari, D., Sukowono, K., & Jember, K. (n.d.). Pemberdayaan Usaha MikroKecil Dan Menengah (Umkm) Pandai Besi Melalui Bumdes Sukosari.

Kushartono, E. W. (n.d.). PENGEMBANGAN DESA MANDIRI MELALUI PENGELOLAAN

BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) Fitrie Arianti Universitas Diponegoro Semarang.

Putra, D. R. L. (2016). PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH OLEH DINAS

PERTANIAN KOTA SURABAYA ( Studi Kasus pada UKM Makanan dan Minuman di Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya ). Publika, Vol. 4 No.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara [ISSN : 2303-0089  e-ISSN : 2656-9949]

Publish by PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)