URGENSI MPP SIDOARJO DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT PERPEKTIF TEORI MAX WEBER

Dwi Astutiek Astutiek, Agus Setyawanto setyawanto, Miftakul Arief Arief

Abstract


.

Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sidoarjo sebagai bentuk pelayanan yang ditawarkan bisa memberi Solusi inovasi dalam menanggulangi masalah pelayanan administrasi. Akan tetapi pada pelaksanaan MPP belum maksimal masih banyak keluhan dari Masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memberikan Solusi atas masalah penyelenggaraan MPP dalam perspektif teori Max Weber. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara secara langsung dan mendalam / in–depth interview. Menggunakan analisis Tematik dengan pengkodean terbuka, axial dan selektif. Hasil penelitian, berdasarkan kebutuhan masyarakat keberadaan MPP Kabupaten Sidoarjo sangat penting dihadirkan. Hal ini bersifat urgen untuk pelayanan satu atap yang aman, nyaman, mudah dan cepat dari berbagai bentuk layanan publik. Namun mulai berdiri hingga saat ini penyelenggaran dan pelayanan belum maksimal perlu pembenahan berdasarkan teori Max Weber, terkait SDM perlu komitmen dari pimpinan (kehadiran) dan para staf untuk melayani tanpa diskriminasi, perlu penambahan staf yang melayani, peningkatan kompetensi pimpinan dan staf, kejelasan SOP, perlu peningkatan koordinasi antar pimpinan instansi, pimpinan dengan para staf dan juga antar staf, perlu peningkatan komunikasi yang baik dengan pelanggan, fasilitasi sarana dan jaringan internet yang memadai, penganggaran yang terbatas, optimalisasi pengaduan melalui website dan kotak saran dengan edukasi pada masyarakat.


References


Astutiek. D., et. al. (2024). manajemen SDM sektor publik (pertama, p. 243). widina media utama.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. grava media. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206357/kualitas-pelayanan-publik-konsep-dimensi-indikator-dan-implementasinya

HAS, M. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. BUMI AKSARA. https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_pelayanan_umum_di_Indonesia.html?id=3tavMwEACAAJ&redir_esc=y

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diunduh 20 Desember 2024. (n.d.).

Lestari, R. P., Mutiarin, D., & Nurmandi, A. (2020). Inovasi Mall Pelayanan Publik untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 6(2), 528–551. https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v6i2.138

MENPAN No. 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Public, Pub. L. No. no 63 tahun 2003.

MQ, P. (2021). Qualitative Research and Evaluation Methods Integrating Theory and Practice. https://archive.org/details/qualitativeresea0000patt

OMBUSMAN MINTA PEMKAB SIDOPARJO PERKUAT PENGELOLAAN PENGADUAN. (2022). NEWS. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--ombudsman-minta-pemkab-sidoarjo-perkuat-pengelolaan-pengaduan

Peraturan Menteri Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pemberdayaan Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia., Pub. L. No. Nomor 15 Tahun 2014 (2014).

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, Pub. L. No. Nomor 23 tahun 2017.

Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik, Pub. L. No. Nomor 89 Tahun 2021 Ten (2021).

Rahayu, F. I., Noor, M., & Amini, M. J. (2023). Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 11(1), 18–25.

Rahmadanik, D. (2021). Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 11–18.

Roqim, Y. R. N., Djumiarti, T., & Dwimawanti, I. H. (2023). Analisi Efektiviitas Mal Pelayanan (MPP) Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Berusaha Di Kabupaten Batang. Journal Of Public Policy And Management Review, 1–23. https://doi.org/10.14710/jppmr.v12i3.40037

salma, SA dan nawangsari, E. (2022). kualitas pelayayan publik pada mal pelayanan publik. In jurnal kebijakan publik (Vol. 13, Issue 1). doi: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i2.8019

Sinambela. (2008). Reformasi pelayanan publik : teori, kebijakan, dan implementasi (3rd ed.). Penerbit Bumi Aksara. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/240019/reformasi-pelayanan-publik-teori-kebijakan-dan-implementasi

Umam, U., & Adianto, A. (2020). Efektivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 160–165. https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.600

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Pub. L. No. nomor 25 tahun 2009.

Weber, M. (2021). The Theory of Social and Economic Organization; The Free Press.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id