KOMPETENSI SIKAP APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

Saskia Yuliana Kiki, Wildan Taufik Raharja Raharja

Abstract


ASN berfungsi sebagai pelaksana kebijakan, pelayanan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Suatu instansi pemerintahan akan berjalan baik jika semua pegawai menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya. ASN harus mampu memberikan pelayanan dan pemahaman kepada masyarakat agar berhasil melaksanakan kebijakan pemerintah. Namun Pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat oleh aparat pemerintah di Kantor Kelurahan Nginden Jangkungan, dinilai terkesan berbelit-belit, waktu penyelesaian yang lambat, dan wajah para petugas yang jarang sekali tersenyum. Data ini di peroleh dari beberapa review google maps kantor Kelurahan Nginden Jangkungan. Permasalahan lain yang muncul adalah rendahnya kinerja sebagian pegawai yang tidak efektif karena kurangnya kompetensi profesional, sikap pegawai seperti ini akan menghambat kebijakan pemerintah dalam upaya menciptakan sistem pelayanan yang sederhana, murah dan cepat serta bersih dan sehat. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi sikap ASN dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Nginden Jangkungan melalui metode kualitatif dengan fokus pada aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, lokasi pengambilan data adalah di kantor Kelurahan Nginden Jangkungan, Surabaya. Hasil dalam penelitian ini adalah Kompetensi Sikap Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Nginden Jangkungan Kota Surabaya dapat dilihat dari tanggung jawab, kemampuan kerjasama, dan kejujuran dalam bekerja, dan perlu pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dalam rangka peningkatan Kompetensi Sikap Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik.

Kata Kunci: ASN, Kompetensi, Pelayanan Publik, Sikap


References


Ágota Dobos / Procedia. (2015). Social and Behavioral Sciences . 19(1),1886 – 1890

Azikirin & Yusuf, Muhammad. (2021). Influence of competence and job satisfaction on the performance of the state civil apparatus (ASN) in Tonra district of bone regency. International Journal of Science and Research Archive, 3(2), 118 -122

Barata Adya, Atep, Dasar-Dasar Pelayanan Prima (Jakarta: Yudhistira, 2013)

ADEONALIA, G. (2002). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN

INTERNET. UNIKA Soegijapranata.

Creswell, J. W. (n.d.). Research Design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Dewi Sartika., SE., M. (2016). PENGEMBANGAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL

NEGARA (M. S. Dr, Mariaman Darto., SE. (ed.)).

Dr. Muh. Kadarisman, S.H., M. S. (2018). MANAJEMEN APARATUR SIPIL NEGARA.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2010). Teori-teori Psikologis (p. 202).

Gosal, R., Dengan, P., & Newtsone, J. W. (2019). Disiplin Aparatur Sipil Negara Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsi Di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten

Minahasa. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–11.

Kalepo, R., Sakir, M., & Mediansyah, A. R. (2022). Pengaruh Sikap Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Suwawa Kabupaten Bone Bolango The Effect Of Work Attitude And Competence On The Quality Of Public Services In The Office Of Camat Suwawa , Bone Bolango Regency Kantor C. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 8–17.

Lengkong, F. D. J., & Tampi, G. B. (2019). Profesionalisme Aparatur Sipil Negara Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Singkil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 4(64).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis second edition. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304). SAGE Publications.

Riant Nugroho. (2017). MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK.

Santoso, T., & Dewi, M. P. (2019). Etika Aparatur Sipil Negara dalam Membangun Good Governance. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 2(2), 179–187. https://doi.org/10.31334/transparansi.v2i2.648

sugiyono. (2022). metode penelitian kualitatif.

Wariati, N. L. G. (2016). Meningkatkan Mutu Asn Ihdn Denpasar Dengan Pelayanan Publik Berbasis Tat Twam Asi. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 74. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.74


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PUSKAP Prodi Administrasi Publik UPN "Veteran" Jawa Timur

in Collaboration with Indonesian Assosiation of Public Administration (IAPA)

 

Editorial Office :

Jl.Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Email : hendra.wijayanto.fisip@upnjatim.ac.id